Minggu, 23 Juli 2017

Nhw 8 MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Nice HomeWork #8
MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS
Bunda, setelah di materi sesi #8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH
Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulasi IIP/
.
****
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Di ranah suka dan bisa, saya memilih  mendidik anak sebagai aktifitas yang kali ini akan saya gali untuk belajar menemukan misi spesifik hidup.
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
Saya ingin menjadi hamba yang bertakwa,istri shalihah, seorang ibu yang bisa membersamai tumbuh kembang anak-anak,mendidik mereka sesuai fitrahnya, menjadi tempat "curhat", menjadi teladan yang baik bagi mereka.
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
Saya harus terus belajar. Masiiih banyak yang perlu saya pelajari meski mulai dari awal. Saya bertekad belajar agama lebih banyak, belajar parenting termasuk mengikuti kelas-kelas di IIP ini dan menerapkan ilmu-ilmu tersebut dalam keseharian. Istiqamah,konsisten dengan waktu. Bismillah 
Untuk mendidik anak menemukan bakatnya, menggali minatnya,saya akan mulai membuat portofolio kegiatan lebih lengkap lagi.
Saat ini Bilal berumur 2tahun 3 bulan, dimana fitrah keimanannya yang perlu saya tumbuhkan. Alhamdulillah sudah melewati tahap menyusui hingga 2tahun,tinggal menyapih dengan cinta. Semoga  menyusui sebagai ibadah itu juga meningkatkan fitrah keimanannya. Kemudian akan terus kami asah melalui bacaan-bacaan,buku anak yang islami
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
materiil:  ingin punya perpustakaan &  rumah bermain anak
Immateriil: ingin punya anak-anak shalih dan shalihah yang tumbuh sesuai fitrahnya sehingga bisa bermanfaat bagi sesama. Ingin rumah kami senantiasa dipenuhi  aktifitas ibadah, didalamnya tdk ada kata kasar,saling menyayangi,menghargai, komunikasi yg baik.
4.Life time purpose: Hamba yang Bertakwa,istri yang shalihah, ibu yang baik dan dicintai anak-anaknya,menjadi sebaik-baiknya manusia bermanfaat.
5. Strategic plan (5-10 tahun)
Seperti yang pernah saya tuliskan di nhw 4, harapannya dalam waktu 5 tahun insya Allah sudah menuntaskan program ibu profesional dan sudah dapat dengan baik saya terapkan ilmunya bagi keluarga,kemudian mulai menyebar manfaat bagi ummat.
Saya sangat ingin menghafalkan Alqur'an, meski sedikit demi sedikit.
Dimulai dari memperbaiki bacaan dan hafalan juz amma.
Aktifitas lain yang saya ingin lakukan sambil belajar bersama anak adalah memiliki kebun sayuran yang bisa kami gunakan memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.
Kedepannya,mendukung suami, kami ingin memiliki bisnis Keluarga sesuai passion suami, mungkin bisnis makanan. Bisnis keluarga tersebut juga saya harap bisa menjadi tempat anak-anak kami melatih skill nya.
insya Allah kami meniatkan memiliki rumah belajar yang di dalamnya berisi beragam bacaan. Tempat anak-anak bermain, membentuk konunitas ibu-ibu saling sharing tentang parenting dan kegiatan-kegiatan. Semoga Allah memudahkan, kami juga bercita-cita memiliki panti asuhan yang bisa bergerak tidak hanya menunggu dana pendonor. Di dalamnya anak-anak belajar skill  yang bisa membantu memenuhi kebutuhannya tanpa sama sekali mengganggu aktifitas belajarnya,bahkan bisa sambil beriringan. Aamiin..
6.Yg ingin saya capai dalam waktu 1tahun:
*Tuntas belajar kelas bunda Sayang IIP
* Belajar gentle birth dan persalinan maryam
* Menyapih bilal dengan cinta
* Bilal lulus toilet training
* Bisa berkendara motor
* Kehamilan dan persalinan yg sehat dan tanpa trauma
* Mendidik 2 anak
* Menyusui ekslusif
* Homeschooling bilal dgn *sabar*
* Sharing di blog
* Punya kebun sayur dan tanaman hebs
Share:

0 komentar:

Posting Komentar