Kamis, 06 Oktober 2016

[Part 1] 30 Ide Bermain Bersama Ananda (dari buku Main Yuk)


1. Yuk, buat kaca pembesar sederhana

Di seri ilmuwan muslim, ensiklopedi bocah muslim, diperkenalkan imuwan bernama Ibnu Haitsam. Beliau membuat macam-macam cermin dan lensa. Ada cermin cekung & cermin cembung. Sekarang, cermin-cermin itu dimanfaatkan untuk membuat kacamata,spion mobil dan motor, teropong, serta kaca pembesar. 

Hari ini Bilal asyik main kaca pembesar buatan sendiri. Hihihi..ada-ada saja tingkahnya, semua mau diperhatikan pake kaca pembesar, gambar di buku juga hidungnya sendiri :D. Bermain dengan kaca pembesar  seru dan bermanfaat untuk mendukung anak bereksplorasi, mengamati benda-benda. Yuk, buat kaca pembesar sederhana juga

Alat&bahan:
Plastik bening (1 lembar)
Kertas karton/dus bekas (2 lembar)
Lem,gunting,pensil.

Cara membuat:
1. Buat gambar berbentuk kaca pembesar pada masing-masing kertas lalu gunting
2. Bagian tengah kaca pembesar tersebut dilubangi
3. Gunting plastik dan impitkan di antara kedua kaca pembesar
4. Satukan plastik & kaca pembesar menggunakan lem
5. Teteskan sedikit air pada plastik yang diimpit
Selamat bermain..

Sumber: "Main Yuk, Ensiklopedi Bocah Muslim (EBM)"

2. Membuat perahu,yuk 
Bermain adalah belajar bagi anak. Bermain sambil belajar tepatnya, bisa dilakukan dimana saja termasuk di kamar mandi karena hampir semua anak suka air. Ajak anak mandi sambil main di kamar mandi yuk, seperti Bilal yang main perahu-perahuan.

Alat dan bahan:
Kertas yang agak tebal (bisa juga gunakan brosur bekas :D)
Cara membuatnya bisa dilihat di foto ini.

Sambil bermain perahu-perahuan,anak bisa belajar tentang benda, warna, mengenal benda terapung dan tenggelam. Perahu-perahuan Bilal yang tadinya terapung di atas air kemudian berubah jadi kapal selam, hehe..terserah lah gimana imajinasimu, Bilal..yang penting mandinya jadi seru

Ide permainan: "Main Yuk", Ensiklopedi Bocah Muslim (EBM)


3. Bikin Mainan Teleskop,Yuk
Ibnu Yunus merupakan ilmuwan muslim yang banyak memberi kontribusi bagi perkembangan astronomi . Buah karya yang sangat terkenal adalah al-Zij al-Hakimi al-Kabir. Kitab hasil penelitiannya yang sangat akurat yang mengupas tabel astronomi.  Penelitiannya tentang matahari dan bulan serta catatan-catatan observasinya memberikan manfaat bagi umat Islam untuk mengetahui waktu sholat, kiblat dan hari-hari besar Islam.

Masih banyak ilmuwan muslim lainnya. Teman-teman juga bisa loh jadi ilmuwan muslim. Siapa yang bercita-cita jadi astronom? Bikin mainan teleskop yuk..

Alat dan bahan:
  • Dus bekas kok (1 buah)
  • Kantong kresek (1 buah)
  • Karet gelang (2 buah)
*dus bekas bisa diganti benda lain berbentuk silinder, misalnya pipa bekas

Cara membuat:
Salah satu lubang dus ditutup dengan kresek. Ikat kresek dengan karet gelang. Permukaan kresek diberi lubang kecil-kecil.
Taraaa...sudah jadi teleskopnya, main jadi astronom muslim yuk.. 
*foto Bilal lagi main teleskop/teropong sama Panda

Selain menyenangkan, aktifitas ini bisa mengembangkan imajinasi anak, melatih motorik dan kreatifitas. Anak juga belajar bentuk (teropong berbentuk silinder).

Jangan hanya memberikan mainan lalu meminta anak bermain sendiri ya, bermain bersamanya dan jelaskan cara bermainnya. Bermain bersama anak membuat ia merasa dicintai dan menguatkan pembelajarannya.

Ide permainan : "Main Yuk", Ensiklopedi Bocah Muslim (EBM)

4. Membuat kuda-kudaan, yuk
Waktu jalan-jalan ke Malioboro, Bilal bunda ajak mendekat ke delman yang sedang parkir, mau mengenalkan dia sama si Kuda berkacamata. Tapi Bilal ternyata takut, padahal biasanya dia senang melihat hewan termasuk kuda, gambar Kuda, hehe.. Nah..kali ini bunda buatin mainan kuda-kudaan, buatnya cukup mempergunakan barang2 yang ada di rumah.

Alat dan bahan:
Kardus bekas (2 buah)
Spidol, gunting, selotip

Cara membuat:
Buat gambar kepala dan ekor kuda di kardus. Kardus yang satunya dibiarkan utuh untuk dijadikan badan kuda. Pasang kepala dan ekor di badan kuda menggunakan selotip.
*karena Bilal cuma punya 1 kardus jadi badan kuda diganti dengan bekas parcel
*badan kuda bisa dilubangi bagian bawahnya kalau mau ditunggangi sambik berlari, hehe.. Sama kuda ini Bilal nda takut ya?

Mengendarai mainan banyak manfaatnya loh..diantaranya bisa melatih keberanian dan motorik kasar, karena anak juga akan belajar menaiki sendiri mainannya. Bermain kuda-kudaan juga mendorong imajinasi dan ekspresi.

Bilal menunggangi kudanya sambil lompat dan berseru "ngik..ngik..ngik.." . Loh..emang begitu ya suaranya kuda??? Teman-teman buat juga, yuk..

Ide permainan : "Main yuk" Ensiklopedi Bocah Muslim (EBM)

5. Membuat Ikan Buntal, yuk
Ikan buntal menggembungkan badannya saat tertangkap oleh pemangsa. Dengan begitu, pemangsa kesulitan memakan dirinya. Meskipun imut, jangan terlena untuk memegang ikan ini ketika dia sedang menggembungkan badannya. Ada zat berbahaya yang terdapat pada duri ikan ini sewaktu tubuhnya menggembung, sebagai bentuk perlindungan diri.
Ayo buat ikan buntal yuk..

Alat dan bahan:
Balon, spidol

Cara membuat:
Gambar mata dan sirip ikan pada balon. Tiuplah balon tersebut.
Kalo ikan buntal yang ini dipegang, dicium juga nda apa-apa kok..hehe..

Bermain balon melatih motorik kasar, kordinasi tangan dan ketangkasan. balonnya bisa ditendang, dipantulkan, dilempar. Atau bisa juga digunakan bermain peran sesuai imajinasi anak-anak.

Ide permainan:"Main Yuk" Ensiklopedi Bocah Muslim

6.
Ka'bah adalah tempat istimewa yang merupakan kiblat bagi umat islam sedunia. Bentuknya sangat sederhana seperti kubus  ditutup dengan kain yang dinamakan Kiswah. 

Di bulan Dzulhijjah ini banyak kaum Muslimin yang melaksanakan ibadah haji. Karena ini masih bulan haji, yuk belajar tahapan melaksanakan ibadah haji dengan membuat replika ka'bah. Sambil belajar, sambil berdoa semoga diberi rezeki untuk memenuhi undangan Allah berhaji juga di tanah suci Mekkah

Alat dan bahan:
Karton putih, pensil, lem, spidol hitam, gunting.

Cara membuat:
Gambar pola kubus di karton putih. Gunting dan lem sehingga berbentuk kubus. Warnai replika ka'bah dengan spidol hitam.
*karton putih bisa diganti kotak kardus
*spidol bisa diganti dengan kertas origami yang dilem, tinggal tempel
*boleh ditambah pita, biar makin mirip kaligrafi pada ka'bah


Pak haji Bilal..ka'bah nya jangan dibawa tawaf dong..harusnya kan tawaf keliling ka'bah --"

Ide permainan: "Main Yuk" Ensiklopedi Bocah Muslim (EBM)
Foto: augmented reality Ensiklopedi  Bocah Muslim

http://www.pustakapelangi.com/?id=pustakabijak
Share:

0 komentar:

Posting Komentar