Kamis, 06 Oktober 2016

[Part 3] 30 Ide Bermain Bersama Ananda (dari buku Main Yuk)

13. Teman-teman, kita lagi bermain sekaligus belajar membuat onigiri. Ada yang tau onigiri berasal dari mana? yup, Jepang, di Indonesia disebut nasi kepal.

Minggu lalu tante Erin dari Jepang, bawa oleh-oleh salah satunya cetakan onigiri, jadilah hari ini kita bikin onigiri terinspirasi dari buku Main Yuk. 

Tips membuat onigiri nasinya harus yang lengket dan sebaiknya dibentuk pada saat masih hangat. Kalo ribet bikin dengan dikepal, bisa pake cetakan juga kok.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
Nasi, sayuran, lauk, wadah bekal

Cara membuat:
Cuci tangan, basahi tangan, atau bisa juga lembabkan tangan dengan dibubuhi sedikit garam agar tidak lengket. Kepal-kepal nasi selagi masih hangat. Hiasi dengan bahan sayuran yang ada. Tata di wadah bekal.

Onigiri bisa dihias juga loh sekreatif mungkin. Karena Bilal lagi suka anak ayam, jadi onigirinya dibentuk kayak anak ayam. Onigiri biasanya diisi dengan salmon atau aneka lauk ala Jepang. Onigiri buatan kita bisa diisi dengan lauk favorit. Onigiri Bilal isinya lele, heheh..

Membuat onigiri ini mengasah kreatifitas, anak belajar bentuk, mengenal sayuran, dan..semoga makin lahap makannya. Yuk..buat juga di rumah

Ide:Main Yuk, Ensiklopedi Bocah Muslim

14. Membuat gerakan rotasi yuk!
Galaksi bima sakti adalah galaksi yang di dalamnya terdapat sistem taata surya planet-planet, termasuk tempat kita tinggal yaitu bumi.

Planet-planet tersebut berputar mengelilingi matahari, sementara matahari pun berputar mengelilingi pusat galaksi bima sakti, ini baru diketahui oleh para ilmuwan modern pada akhir abd 20. Ini juga telah telah dijelaskan dalam Al Qur’an dalam surah Yasiin ayat 38-40. Subhanallah..

Untuk menggambarkan bagaimana gerak rotasi galaxy bima sakti coba permainan ini yuk..

Alat dan bahan
:
Air dalam baskom, mainan plastik

Cara bermain:
Masukkan mainan plastik ke dalam baskom berisi air. Aduk air dan perhatikan putaran yang terjadi.

Di umur setahunan ini, Bilal mungkin belum mengerti kalo membahas rotasi galaxy, tapi dari percobaan tersebut kita bisa belajar banyak. 

Belajar sebab akibat, dia juga untuk pertama kalinya menyebut angka 4  (biasanya menghitung, 2,3,5,7), dan belajar warna "pim, yolai, hiyaw". Ada yang tau warna apa yang Bilal maksud? :D

Ide permainan : Main Yuk, ensiklopedi bocah muslim
15. Foto hasil jepretan kita dapat bercerita banyak tentang suatu peristiwa,loh..foto-foto itu dapat disusun menjadi suatu rangkaian cerita.

Tujuannya untuk memberikan penjelasan kepada orang yang melihatnya. Rangkaian foto seperti itu sering disebut esai foto. Kita juga dapat membuatnya,berikut caranya

alat dan bahan:
foto-foto keluarga
karton,spidol,lem,selotip,gunting

cara membuat:

kumpulkan foto-foto keluarga, tempelkan pada karton,berikan keterangan tiap foto tempelkan pada dinding.

kalo foto-foto keluarga Bilal sekalian bunda atur di album foto biar rapi,diberi keterangan tiap foto. Bunda ceritakan gambar di tiap-tiap foto, lembaran album dibuka bolak-balik sama Bilal dengan tatapan bertanya. Bilal juga menceritakan isi fotonya loh..tapi bahasanya susah dimengerti, haha.

manfaat permainan ini antara lain membentuk bonding,memperkenalkan anggota keluarga, menambah kosa kata baru,dsb.
main juga di rumah yuk..hasilnya bisa dipajang di ruang keluarga juga :)

ide permainan:Main Yuk,Ensiklopedi Bocah Muslim
16. Kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung, di dalam kantung tersebut, kangguru menempatkan dan menyusui anaknya.

Kangguru memberi banyak ide kepada kita. Sekarang ada yang dikenal dengan Perawatan Metode Kangguru, perwatan untuk bayi berat lahir rendah dengan skin to skin untuk menghangatkan bayi dan memudahkan pemberian ASI.

Kantung kangguru juga memberi ide untuk bermain dan belajar bersama anak, kita bisa membuat tempat pensil menyerupai kantong kangguru.

Alat dan bahan:
Karton, pensil, spidol/kertas warna, lem, gunting

Cara membuat:
Lipat karton menyerupai kantong dengan melipat sebagian bawah ke tengah kertas. Lipat juga samping kanan-kiri ke belakang.
Gambar kangguru pada karton, warnai atau boleh juga digambar langsung pada kertas warna.
Lem kertas warna pada karton seperti pada foto di bawah ini.

Mudah bukan? Bikin sekreatif mungkin ya..tempat pensilnya bisa diletakkan di meja belajar atau digantung.

Sebelum diisi alat tulis, kantong kanggurunya dimainin duku sama Bilal. Dicium-dicium dan diajak ngomong, hihihi..kantongnya juga dirogoh :D

Ide permainan:Main Yuk, Ensiklopedi Bocah Muslim

17. Selembar kertas saja bisa dibuat mainan loh..Yuk buat wayang monyet dari kertas. 

Alat dan bahan:
Kertas, spidol/pensil, gunting.
 
Cara membuat:
Gambar monyet di kertas menggunakan spidol sepeeti contoh di foto ini.
Gunting bagian tangan, kaki dan ekornya. Gulung bagian ekor agar semakin mirip ekor monyet.

Padahal cuma selembar kertas, tapi anak senang memainkan. Bilal ajak ngomong, dicium, diterbangin, wkwk..

Mainan terbaik bagi balita ya bermain bersama orangtuanya, jadi yuk setiap hari sempatkan bermain bersama ananda di rumah. Insya Allah bisa meningkatkan kreatifitas, daya imajinasi dan perkembangan bahasanya.

Ide permainan: Main yuk, Ensiklopedi Bocah Muslim
18. Kegiatan pagi ini setelah sarapan. Bikin landak yuk..
Anak-anak biasanya suka hewan, jadi akhir-akhir ini bunda mengenalkan beberapa hewan ke Bilal. Kalo kemarin kita sudah buat hewan yang bisa melompat, hewan yang suka bergelantungan, hewan berkantung sekarang bikin yang berduri yaitu landak :D

Alat dan bahan:
Playdough/plastisin/tanah liat
Tusuk gigi

Cara membuat:
Bentuk tanah liat seperti landak. Buat kaki dan matanya juga ya..tusukkan tusuk gigi ke tubuh landak buatanmu sehingga menyerupai duri landak. Gampang kan?

Ini playdoughnya buat sendiri pake tepung+garam+pewarna makanan jadi insya Allah aman :)

Bermain ini banyak manfaatnya, diantaranya bisa mengasah kecerdasan naturalis anak,melatih motorik halus, mengasah imajinasinya, mengenal kosa kata baru lagi dsb. Kita main ini lumayan lama, sampe buat masak-masakan dan es krim greentea buat panda, haha. Buat juga yuk.. :)

Ide permainan:Main Yuk, Ensiklopedi Bocah Muslim (EBM)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar