Kamis, 06 Oktober 2016

[Part 2] 30 Ide Bermain Bersama Ananda (dari buku Main Yuk)

7. Sore-sore hujan, Bilal bunda ajak bikin katak dari kertas sambil nyanyi "Katak oh katak kenapa panggil hujan?" :D

Tentang katak, ternyata katak itu hewan yang belajar dari pengalaman loh..peneliti bernama Licoln dan Jane Brower pernah membuktikan bahwa katak tidak akan menglang kesalahan yang sama. Bagaimana sih maksudnya? Bisa dibaca di buku Ensiklopedi Bocah Muslim (EBM) :D

Yuk, buat katak dari kertas juga, gampang..cuma sediakan kertas lipat. Cara membuatnya bisa dilihat di foto ini.
*maaf yaa..foto kataknya kurang jelas. Bilal tidak sabar mau main terus dibawa ke dekat jendela lihat hujan, hihi..
Katak oh katak..

Ide permainan: Main Yuk, Ensiklopedi Bocah Muslim

8. Tab bermasalah dan baru sempat upload kegiatan bermain sore kemarin. Ini Bilal ceritanya lagi melukis batik. 

Batik adalah seni melukis warisan nenek moyang Indonesia yang biasanya dilakukan di media kain dengan pola corak yang beragam, ada yang bermotif bunga, hewan,ataupun benda-benda. Yang Bilal "lukis" ini bercorak bunga. Sudah mirip batik belum? :D Yuk membatik juga..gunakan media yang tersedia di rumah saja.

Alat dan bahan:
  • Karton putih
  • Kentang
  • Pewarna makanan/cat air
Cara membuat:
Ukir kentang membuat corat batik. Celupkan ke cat air/pewarna makanan. Celupnya sedikit saja biar nda becek. Cap ke karton putih.
Ayo..buat yang cantik ya..

Untuk teman-teman yang umurnya masih setahunan kayak Bilal ini harus tetap dalam pengawasan ya, jangan sampe kentangnya malah dimakan, hehe..
*Kentang bisa dgn sayuran lain, kayak Bilal yang menggunakan batang kembang kol karena kebetulan adanya itu, hihihi..

Manfaat melukis ini yaitu sebagai sensory play, pengenalan warna, dan merangsang imajinasi dan kreatifitas anak.

Ide permainan: Main Yuk, Ensiklopedi Bocah Muslim
9. Naik kereta api..tut tut tut.. Bilal itu tertarik sekali dengan kendaraan. Kalo lihat mobil, pesawat pasti berseru "whooaaaa". Sekarang bunda mau kenalkan dengan yang namanya kereta api. bilal pernah sih diajak naik kereta api tapi waktu itu masih umur 3bulan, belum mengerti. Buat kereta api yuk dari kardus

Alat dan bahan:

  • Kardus berbagai ukuran, sedang, kecil
  • Tali
  • Kertas (Bilal pake Kokoru)
  • Supit/tusuk sate
  • Spidol

Cara membuat:
Lubangi salah satu dus untuk membuat Cerobong di bagian lokomotif,
Lalu tempelkan dus kecil di tas lokomotif. Sambungkan kesemua dus dengan tali.
Buat lubang di bagian bawah masing-masing dus. Masukkan sumpit/tusuk sate ke lubang tersebut. Buat roda dari gulungan kertas kokoru.
1 lembar kertas lainnya digulung untuk dijadikan cerobong, lalu pasang di lubang cerobong tadi. Buat jendela dengan menggunakan spidol.

*Bilal senang sekali begitu keretanya hampir jadi, tidak sabar memainkan. Entah kenapa juga dia menangis minta cerobong asapnya dicabut, dia nda suka..haha.

Sebenarnya mau bunda hiasi dengan kertas warna biar keretanya makin cantik, tapi keburu dimainin sama Bilal. Segitu saja dia sudah senang sekali.

Buat juga yuk.. Permainan membuat sesuatu ini bagus untuk mengasah kreatifitas anak, belajar bentuk, ukuran, mengenal kendaraan, dsb.

Ide permainan: "MainYuk", Ensiklopedi Bocah Muslim

10. Haloo..namaku Yuyu. Yuyu ini kepiting yang hidup di air tawar, di persawahan, di sungai, ada juga yang di parit. Hari ini Bilal mau bunda kenalkan dengan Yuyu unyu..hihihi. Sebenarnya lebih bagus kalo buat kerajinan dari kerang, tapi karena di rumah adanya kulit kacang koro, jadikan gunakan yang ada saja.

Alat dan bahan:
Kulit kacang koro, lem, spidol, kertas warna, kertas karton

Cara membuat:
Gambar kepiting di karton, tempelkan kulit kacang koro atau kalo ada kulit kerang, telungkupkan seperti gambar pada foto. Gambar capit, mata,dan kaki kaki kepiting. Warnai kerajinanmu dengan spidol atau boleh juga ditempeli kertas warna.

Lihat si Yuyu ini Bilal bilang "ih..ih..ih.." kemudian kulit kacang koronya di hitung "1,2,3,5,7" katanya.. Ternyata apa saja bisa dijadikan alat buat belajar berhitung ya..

Bunda kasi tau ini namanya kepiting Yuyu. Begitu kudekatkan Bilal malah menjauh,tapi mukanya tidak menunjukkan rasa takut. Akhirnya Yuyu cuma di dadah dadah dan kalo lewat di dekat Yuyu Bilal jalannya miring-miring kayak kepiting :D.

Ide permainan: "Main Yuk", Ensiklopedi Bocah Muslim
11. Teman-teman,yuk belajar mengenai perpindahan energi. Energi dari tangan kita akan berpindah ke uang koin. 

Caranya:
Siapkan uang  3 uang koin. Simpan uang koin di atas meja. 2 koin Disimpan dengan posisi sejajar dan berdekatan. Koin ketiga disimpan di tengah-tengah meja, posisinya harus sejajar dengan kedua koin lainnya ya..
Sentil koin yang saling berdekatan tersebut. Arahkan ke koin yang di tengah meja. Apa yang terjadi pada ketiga koin tersebut? Bilal juga sudah mencoba nih..yuk, coba juga di rumah.

Pemainan sederhana ini bagi balita dapat melatih motorik halusnya, belajar tentang sebab-akibat, pengenalan benda dsb. Tapi harus diawasi yaa,,jangan sampai dimasukkan ke mulut uang koinnya :)

Ide permainan: Main Yuk, Ensiklopedi Bocah Muslim
12. Berbeda tugas, berbeda usia. Allah memberikan jatah usia yang berbeda-beda kepada binatang. Tugas lalat tidak terlalu banyak, sehingga ada lalat yang hidupnya hanya sehari. Sementara kura-kura, ada jenis kura-kura yang hidupnya hingga lebih dari 100 tahun. Tetapi ada juga binatang yang mati sebelum waktunya karena diburu manusia. (Sumber:Ensiklopedi Bocah Muslim)

Banyak jenis kura-kura yang ditangkap untuk dijadikan "pet", tekanan tinggi dan terus-menerus ini telah menurunkan banyak tingkat populasi kura-kura. Oleh karena itu tindakan konservasi bagi hewan ini diperlukan. Saat ini di Indonesia, dari semua bangsa kura-kura hanya penyu yang dilindungi undang-undang.

Kali ini bunda mengenalkan Bilal dengan kura-kura dengan membuat mainan kura-kura dari Bola plastik bekas. Teman-teman buat juga yuk di rumah, cara membuatnya bisa dilihat di foto ini :D. Kura-kuranya Bilal bertempurung bening, hehe..

Ide Permainan :Main Yuk, Ensiklopedi Bocah Muslim
http://www.pustakapelangi.com/?id=pustakabijak
Share:

0 komentar:

Posting Komentar