Sabtu, 23 Maret 2019

Pilar-Pilar Gemar Rapi (bag.2)

Minggu ini materi lanjutan dari keempat pilar sebelumnya. Berikut pilar-pilar gemar rapi bagian 2:
5. Menyesuaikan kondisi individu
6. RASA sebagai prinsip
7. Memenuhi standar safety dan hygiene
4. Tidak mencemari lingkungan

Pilar ke 5 yaitu menyesuaikan kondisi individu. Setiap orang berbeda, pemikiran, prioritas, dan karakternya berbeda. Oleh sebab itu jangan selalu melihat dan membandingkan diri dengan orang lain. Begitu pun dalam hal berbenah, harus menyesuaikan kondisi individu. Maka dari itu perlu kita ketahui masing-masing karakter anggota keluarga.

Setelah melalui diskusi dan pengamatan dengan pasangan, berikut masing-masing karakter kami:

Karakter berbenah saya:
*Menunda/lupa mengembalikan barang pada tempatnya
*Berbenah sesuai suasana hati. Ketika sedang ingin berbenah jadi rajin sekali, tapi kadang berbenah seadanya saja atau bahkan membiarkan.
*Selalu memikirkan/merasa ada saja yang perlu dibenahi di rumah. Oleh karena itu sering menjadi inisiator dan sering meminta bantuan pasangan dalam berbenah.
*Bisa melakukan beberapa pekerja dalam waktu bersamaan termasuk berbenah. Sambil merapikan rumah, mencuci baju di mesin, sambil menyapu + mengepel dsb.

Karakter berbenah suami:
*Menunda/lupa mengembalikan barang pada tempatnya.
*Barang yang sudah digunakan sendiri langsung dibersihkan/dibenahi.
*Bukan inisiator dalam berbenah rumah, tapi sangat bisa dimintai tolong, mau membantu dan meluangkan waktu khusus untuk berbenah.
*Cenderung tak acuh terhadap barang yang bukan miliknya. Untuk barang anak, suami mau membenahi tapi untuk barang pasangan biasanya tidak mau menyentuh/dibiarkan saja untuk mengindari ketidaknyamanan (misalnya karena sudah dibenahi suami, saya bingung barang saya ada dimana)
*Care terhadap kebersihan dapur, karena sebelumnya pernah bekerja di bagian dapur.

Karakter berbenah anak:
Masih dalam tahap belajar dan pembiasaan untuk bertanggung jawab terhadap barangnya.
Beberapa hari ini sudah membiasakan diri menyimpan piring kotor smdi wastafel setelah makan dan mau merapikan mainannya kembali.

# # #    # # #   # # #

RASA adalah metode Gemar Rapi yang berupa singkatan dari:

1. Rapi dan teratur.
Menurut saya yaitu semua barang punya tempat, tertata dengan baik, tidak berantakan atau tertumpuk, mudah ditemukan, dan dikembalikan setelah digunakan.

2. Aman dan nyaman
Bagi saya yaitu rumah yang membuat semua anggota keluarga bebas bergerak dengan aman dan nyaman.
Lantai yang kesat, tidak ada barang pecah belah yang terpajang, barang-barang mudah diambil tanpa beresiko membahayakan seperti kejatuhan benda berat, sudut-sudut rumah bebas dieksplorasi anak tanpa takut terkena benda berbahaya, tidak ada benda tajam yang mudah dijangkau anak, rak buku dan mainan anak yang mudah dijangkau sehingga anak mudah mengambil dan mengembalikan tanpa perlu dipanjat.

3. Sehat dan bersih
Rumah yang sehat dan bersih bagi saya adalah rumah yang tidak banyak debunya, yang bisa berefek pada kesehatan keluarga, apalagi saya alergi terhadap debu. Sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, tidak pengap dan tidak berjamur.

4. Alami dan berkelanjutan
Yaitu makan makanan sehat dan alami,  membiasakan menerapkan hidup minim sampah dengan berusaha memilah sampah dengan baik, membuat lubang biopori, ada kebun mini untuk belajar menanam dan regrow bahan makanan sendiri.

Ada sebuah istilah hygge yaitu perasaan menenangkan dan menyenangkan.
Dalam hal ini maknanya bagi kami yaitu rumah yang 'hangat', ketika berada di rumah pikiran tenang, tempat melepas penat, kebutuhan akan kenyamanan semua anggota keluarga terpenuhi..dan rumah terasa 'hidup' dengan cengkrama bersama keluarga.
Jadi bagi saya rumah yang hygge yaitu rumah yang tertata rapi, teratur, aman untuk semua anggota keluarga, nyaman karena bersih dan sehat dengan sirkulasi, pencahayaan yang baik serta lingkungan yang alami.

# # #    # # #   # # #
Kondisi rumah kami saat ini:
* Rumah tanpa sekat agar anak bebas bergerak
* Langit-langit tinggi sehingga tidak pengap
* Pencahayaan dan sirkulasi udara sangat baik karena banyak jendela lebar dengan bukaan yang memudahkan lebih banyak udara bebas keluar masuk
* Ada taman dan kebun mini tapi belum tertata
* Barang-barang yang tajam dan pecah belah ditempatkan di tempat yang tidak mudah terjangkau anak
* Rak buku dan mainan anak disesuai dengan tinggi anak sehingga mudah diakses
* Stop kontak masih dibiarkan tanpa penutup tapi anak sudah tau itu berbahaya.
* Cairan pembersih masih diletakkan di bawah tapi agak tersembunyi

Keadaan rumah kami saat ini cukup baik dan aman, namun ada beberapa yang harus dibenahi lagi agar lebih safety. Sedangkan untuk hygiene sepertinya belum sepenuhnya karena kamar mandi meskipun tiap hari disikat agar tidak licin tapi masih dibersihkan seadanya, tembok yang masih lembab dan merembes kalau hujan deras, dan lantai maupun dapur yang tidak setiap saat kinclong.

# # #   # # #   # # #
Kami saat ini berupaya untuk mengurangi pemakaian plastik dengan belanja mingguan ke pasar membawa wadah sendiri, selalu membawa bekal dan minum sendiri, membuat lubang biopori untuk sampah organik, membiasakan anak untuk membuang sampah pada tempatnya dan jika tidak menemukan tempat sampah maka dikantongi atau dimasukkan ke dalam tasnya.
Saat ini saya juga mempersiapkan cloth diaper untuk bayi saya ketika lahir nanti insya Allah..agar tidak perlu menggunakan popok sekali pakai yang mencemari lingkungan.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar