Sabtu, 04 Januari 2020

Menjadi Ibu Bahagia, Temukan Cara Belajarmu!

tak ada belajar yang gagal, yang ada hanya belajar yang belum selesai.
Setelah masuk materi ketiga di kelas telur-telur bunda cekatan, saya akhirnya merevisi apa yang sudah saya tuliskan di telur merah. di materi kedua, Saya masih bingung perbedaan antara keterampilan dan ilmu. Sebelumnya, saya mengisi telur merah dengan list ilmu, bukan keterampilan.

Ternyata, setelah menemukan menemukan keterampilan yang ingin dicapai, baru di materi ini lah kami melanjutkan menemukan ilmu apa yang ingin dikuasai dalam lima bulan ke depan.
5 keterampilan yang ingin saya kuasai

* * *
Menarik sih.. tapi tidak tertarik
Quote tersebut adalah mantra yang diajarkan oleh Bu Septi ketika kita dengan semangat belajar yang tinggi, di tengah banjirnya informasi, banyak nya sumber ilmu yang mudah kita dapatkan di mana saja.
Ilmu di sekitar kita sangat banyak, tapi tidak semua perlu kita kuasai. Terlalu banyak yang ingin dikuasai membuat kita kewalahan sendiri dan justru bisa merusak kebahagiaan.

Agar tidak terjadi tsunami informasi, kita harus tahu apa strong why nya. Kenapa saya memerlukan keterampilan-keterampilan tersebut?
Setelah menemukan tujuan belajar, selanjutnya mencari ilmu-ilmu apa saja yang mendukung keterampilan tersebut.
Dari kelima keterampilan yang saya butuhkan untuk mendukung kebahagiaan, saya memerlukan banyak ilmu untuk mencapainya. 
Ritme dan cara belajar setiap orang berbeda-beda. Untuk mempercepat proses belajar, kita perlu mengenali cara belajar kita sendiri seperti apa. 


Selanjutnya memilih Prioritas Ilmu

Sebenarnya saya masih merasa kurang dalam banyak hal. Rasanya semua ilmu-ilmu tersebut butuh saya pelajari sekarang.
Tapi, jika memaksakan diri mempelajari semua dalam waktu singkat tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Oleh karena itu saya belajar menentukan prioritas.

Saya memilih kelima telur orange di atas dengan pertimbangan;

  • Ketika Belajar parenting nabawiyah, saya tentunya juga akan belajar agama dan keteladanan
  • Dari belajar komunikasi produktif, dapat sekaligus belajar mengelola emosi dan mengatasi konflik
  • Saya butuh mengelola waktu online/ belajar online agar tidak ada waktu terbuang percuma. 
  • Saya harus belajar konsisten dan disiplin terhadap aturan/kesepakatan yang sudah ada dalam rumahtangga
  • Saya butuh belajar pola hidup sehat agar bisa lebih berenergi, tidak mudah lelah, tidak mudah sakit, sehingga aktivitas saya sebagai perempuan istri, dan Ibu bisa berjalan dengan baik
Ilmu-ilmu tersebut insyaAllah yang ingin fokus saya pelajari 5 bulan ke depan di kelas Bunda Cekatan dengan cara belajar yang "Gue Banget"

Share:

0 komentar:

Posting Komentar