Minggu, 11 Maret 2018

Family Reading Time (day 6)


Hari ke 6 tantangan, saya absen lagi membaca buku 😌.
Bilal sedang tidak fit, sering rewel karena sariawan..alhamdulillah tidak panas, dan tetap aktif bermain. 
Dari ciri-cirinya pas sekali dengan artikel yang saya coba cari di beberapa website. Bilal terkena flu singapura 😱.
Flu Singapura adalah penyakit berjangkit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam familia Picornaviridae (bahasa Spanyol Pico:kecil), Genus Enterovirus (non Polio). Dalam dunia kedokteranFlu Singapuradikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit KakiTangan, dan Mulut (KTM) 
Sumber: Wikipedia
Jadilah hari keenam ini saya lebih banyak membaca tentang flu singapura ini.
Seperti namanya yaitu Hand, Foot, and Mouth Disease, ciri-cirinya terdapat di mulut kaki dan tangan.

Diawali dengan demam tidak tinggi, hingga bisa saja kita tidak sadar bahwa anak sedang demam, apalagi jika seperti Bilal masih aktif seperti biasanya.

Di mulut muncul seperti sariawan kecil-kecil dan banyak. 
Bilal ada di bawah lidah satu dan di bibir ada empat. Sediih..tidak bisa makan, akhirnya cumamakanyang berbentu cairan, jus dengan sedotan 😒.

Di telapak kaki dan tangan muncul vesikel  seperti cacar air tapi berwarna merah kecil-kecil.
Dan ruam-ruam gatal di sekitar pa*t** (darah sekitar popok).
Vesikel di telapak taman dan kaki Bilal alhamdulillah cuma sedikit, dan berangsur hilang saya lihat.


(Dokumentasi pribadi)
Alhamdulillahnya.. penyakit ini termasuk yang bisa sembuh sendiri 5-10 hari.
Kecuali jika terlihat ada tanda gawal seperti demam tinggi lebih dari 2 hari, sesak napas, kejang-kejang maka segera bawa ke dokter untuk perawatan intensif.

Dari saya yang saya baca di beberapa website (maaf sampai lupa mencatat sumbernya), penyakit ini mudah menular tapi biasanya hanya ke anak di bawah 5 tahun juga.

Kami ikhtiar merawat Bilal di rumah saja. Pertimbangannya, akan lebih nyaman baginya jika di rumah.
Karena alhamdulillah selain nyeri di mulut karena sariawan, Bilal masih aktif. 
Dia juga masih bisa minum meski kadang mengeluh sakit. Masih mau makan puding, es krim, susu, jus buah dan madu.

Saya ajak dia memohon doa kesembuhan pada Allah. Sering saya dengar dia berdoa sendiri,"Ya Allah..sembuhkan sariawan Bilal, aamiin) masya Allah..😒.

Bilal masih memilih buku "The Ultimate Construction Site Book" untuk dibacakan.
Semoga cepat segera sehat lagi, sayang


Share:

0 komentar:

Posting Komentar