Sabtu, 03 Maret 2018

Montessori: Pengenalan Membaca dan Menulis

  • Kegiatan 1: Bermain tas Rahasia
Pengayaan kosa kata nama benda ke anak dengan bermain tas rahasia.

Langkah awal bunda mempresentasikan caranya.
Mengeluarkan satu persatu barang dari dalam tas lalu mengejutkannya dari kiri ke kanan di alas kerja sambil menyebut satu persatu nama benda dan fonik awalnya.
Contoh: obat. Oh oh oh

Bilal lalu mengikuti melakukan hal yang sama.
Setelah selesai, ajak anak menggulung alas kerjanya.


  • Kegiatan 2: Mengenal fonik/bunyi huruf dengan menggunakan kartu fonik
Langkah awal bunda mengurutkan kartu dari kiri ke kanan lalu mempresentasikan cara bernyanyi lagu fonik "apel apel ah ah ah..bola bola beh beh beh dan seterusnya". Menyanyikannya diulang-ulang dengan irama yang baik agar fun.

Langkah kedua anak diminta untuk melakukan hal yang sama. Bilal menunjuk benda pada kartu fonik lalu menyanyikan lagu foniknya.

Beberapa sudah benar foniknya, beberapa belum. Tidak harus berurut dalam mengenalkan fonik. Bilal disini bermain dengan kartu tidak mengurut kartunya, semau dia mau menyebutkan yang mana duluan,hehe..


  • Kegiatan 3: Pengenalan Menulis menggunakan Inset dan desain


Di foto,Bilal bekerja dengan inset and design.
Metal inset/inset and design (aslinya dari metal, tapi ini bikin dari hardboard) ini alat untuk  anak belajar berlatih menulis, membuat design.

Di usia 2 tahun biasanya sudah bisa diajarkan penggunaannya, cara memegang pensil dengan benar dan membuat desain( bisa dilihat di youtube). Di bawah 2 tahun, kalo belum bisa, boleh bermain dengan mencocokkan bentuknya saja.

Cara menggunakan metal inset:
• Ambil salah satu bentuk,  ajarkan anak memegang bingkai dengan tangan kiri dan pensil di tangan kanan.
• Mulai membuat bentuk sesuai bingkai. anak yang sudah kuat jari tangannya mampu memang pensil dengan benar dan tekanan pensilnya bagus.
 Jika anak belum bisa memegang pensil dengan benar jangan dipaksa, karena tidak mudah bagi mereka jika tangannya masih kaku. Latih lagi motoriknya dengan keterampilan hidup.
• Untuk anak yang sudah bisa, buat bentuk dari bentuknya tersebut (insets yang berwarna biru, bukan bingkainya)
• Ajarkan anak membuat desain,dari yang simple sampai rumit, boleh dengan dicontohkan atau serahkan saja pada anak.

Bilal masih di tahap latihan dengan bingkai, untuk bentuk yang berupa gabungan beberapa garis sudah bisa, untuk lengkungan masih sulit bagi dia, beberapa kali buat lingkaran dan oval hasilnya keriting,hehehe..

Share:

0 komentar:

Posting Komentar