Sabtu, 08 September 2018

Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng (8)

Dongeng kali ini bunda bacakan buku confidence in science dengan ceritanya berjudul "Rahasia Nenek Pelangi".

Diceritakan tentang anak yang penuh rasa ingin tahu. Setiap kali ada yang ingin ditanyakan biasanya dia pergi ke rumah nenek pelangi. Disebut nenek pelangi yang tinggal di sebuah rumah yang atapnya berwarna-warni seperti pelangi.

Di perjalanan anak itu bertemu beberapa orang yang memiliki permasalahan. Lalu mengajak orang-orang tersebut ikut bersamanya.

Pertama, seorang ibu yang bersedih tidak bisa bercermin lagi di sumurnya karena keruh. Kedua bertemu pangeran yang bingung mengapa cincinnya yang jatuh di air tidak bisa dia ambil. Ketiga, ada seorang kakek yang bersedih karena tidak bisa melihat huruf di buku dengan jelas.
Mereka semua mendatangi rumah nenek pelangi.

Sesampainya di sana, nenek oelangi menyambutnya. Mereka lalu menceritakan tentang masalahnya masing-masing. Ternyata kesemua masalah tersebut ada hubungannya dengan bayangan.

Dari buku ini, anak-anak belajar tentang sifat bayangan di cermin, ada cermin cekung,cembung, tentang pembiasan cahaya,  dan bagaimana cara mata kita melihat warna. Bagusnya, pelajaran sains tersebut dikemas dalam bentung cerita dongeng..jadi tidak terkesan 'berat' untuk dibacakan ke anak
Share:

0 komentar:

Posting Komentar