Senin, 15 Juni 2020

Check In (jurnal 4 kupu-kupu)

Alhamdulillah sudah masuk pekan ke 4 dari 8 pekan program mentorship bunda cekatan.
Karena telah berada di tengah perjalanan, saatnya melakukan "check in". Mengecek perkembangan, sampai mana hubungan mentor dan mentee.

Ketika check in, yang kami lakukan yaitu:
1. Mengecek proses yang sudah dijalankan. Bagainana sejauh ini? Apakah sesuai dengan deadline? Apakah bisa siukur keberhasilannya?

Ahamdulillah.. Saya sedang menjalankan apa yang saya di jurnal 3.
Indikator keberhasilannya saya buat seperti ketika melakukan puasa kepompong bulan lalu.

* membentuk habit tidur teratur
* disiplin waktu gadget
* disiplin jadwal HE
Masalah habit ini, harus dibentuk dengan disiplin dan konsisten menjalankan. Semua saya catat di bullet journal (bujok

Untuk membentuk habit tidur, saya membuat grafik jam tidur selama perminggu, saya selipkan di weekly log bujo.

Untuk disiplin penggunaan waktu gadget, sy sejauh ini sudah:
* menepati jadwal untuk buka Grup FB/WA, hadir tepat waktu ketika live fb buncek.
* menetapkan kembali jadwal belajar anak,
* Berkurang main medsos.

2. Mengecek kenyamanan antara mentor dan mentee.
Saya mengkonfirmasi kepada mentor tentang cara saya mencurahkan isi hati ketika konsultasi, apakah sejauh ini mentor merasa nyaman atau justru tidak nyaman?
Alhamdulillah mentor saya oke-oke saja, karena sudah terbiasa dan pernah bertugas sebagai konselor ☺.

Membalikkan pertanyaan yang saya ajukan, mentorpun mengecek kenyamanan saya,dengan kondisi mentor yang juga sibuk bekerja di ranah publik, apa ada ganjalan terkait waktu atau kesempatan kita berkomunikasi.

Saya pun sejauh ini merasa oke saja. Karena sudah ada kesepakan sebelumnya.
Dari awal memilih mentor pun saya sudah paham bahwa beliau orang yang sibuk.
Dan saya rasa dari situ juga bisa belajar mengamati bagaimana beliau membagi waktunya dan menjadi motivasi buat saya.

3. Prioritas
Kami berdua, antara mentor dan mentee berusaha memprioritaskan waktu pendampingan di tengah kesibukan masing-masing .
Mentor saya sebenarnya punya fokus lain di pekan ini, sedang mengikuti Pra Raker Yayasan di tempat beliau bekerja. Sehingga, ada perubahan jadwal diskusi dengan mentor.

Saya sendiri berusaha tepat waktu memberikan pendampingan terhadap mentee. Maupun melaporkan/melakukan konsultasi terhadap mentor, saya lakukan di jam yang sudah menjadi kesepakatan kami.

Naah.. untuk mentee saya, rupanya pendampingan ini tidak menjadi prioritas beliau (pada pekan ini khususnya)
Saya kurang tau penyebabnya apa.

Pekan lalu ketika di hari kedua mentoring, saya menyapa untuk memberikan pendampingan lagi, mungkin masih ada yang ingin didiskusikan, tapi mentee saya ini tidak menjawab chat.
Saya pikir, mungkin tidak ada yang perlu dibantu 😅.

Saya sebenarnya berharap di pekan "check in", bisa lebih memahami mentee.. apakah ada dari cara saya mementori yang rasanya tidak nyaman buat mentee?

Ketika saya mencoba menghubungi, dan ajukan pertanyaan mengenai kenyamanan, atau adakan tantangan yg dia hadapi selama ini? Adakah yang bisa saya bantu?
Mentee saya hanya menjawab "belum menyimak materi live dari bu Septi".
Karenanya, saya memaklumi dan meminta beliau menyimak dulu.
Esoknya ketika saya sapa, tidak dibalas.

Di program ini, jadwal pendampingan/mentoring hanya 2 hari (Jumat dan Sabtu).
Saya berusaha menepati waktu sesuai jadwal karena juga sedang belajar manajemen waktu.
Maka ketika hari itu tidak mendapat balasan, saya tidak menghubungi lagi.
Karena tidak ada proses check in, saya hanya bertanya-tanya sendiri kenapa beliau tidak membalas chat saya, apakah ada sedang ada masalah atau fokus lain?

Oiya, waktu yang kami sepakati juga per sesi mentoring yaitu di jam 9 pagi.
Karena sama-sama punya 2 anak (bayi dan balita) saya sangat memaklumi jika ada keterlambatan, karena biasanya harus mengkondisikan anak dulu.

Di hari Senin malam, kemarin, mentee saya mengirim chat menyatakan "saya pekan ini skip dulu mentoringnya yaa, karena ingin mengambil "jatah libur" hehehe". 

Daripada bertanya-tanya sendiri kenapa, apa ada yang salah? mari kita lakukan check  in lagi pekan depan 😄
Share:

0 komentar:

Posting Komentar