Kamis, 19 Januari 2017

Memberi Nama Anak dalam Islam

Saran saya,  berilah anakmu nama dengan 3 suku kata :p :"D
.
Siapa nih yang sedang mikir ngasi nama buat calon bayinya? Memberi nama yg baik dan indah itu  termasuk kebaikan dan kemuliaan pertama yg kita beri loh.. Insya Allah nama yg baik juga memberi dampak yg baik, apalagi nantinya akan dipanggil, disebut berulang-ulang kali kan?? .
Nama yg baik bisa kita ambil dari nama para nabi dan orang sholeh. Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa Sallam bersabda, "nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman." .
Dibolehkan pula oleh Rasulullah memberi nama nabi meskipun tidak ada nabi setelah beliau. Diriwayatkan dalam kisah, seseorang memberi nama anaknya Muhammad. Kemudian kaumnya menghardik, tidak membolehkan memakai nama yang sama dengan Rasulullah. Namun Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa Sallam bersabda "pakailah namaku, tetapi jangan kalian pakai julukanku, karena akulah Qasim(pembagi)  yang membagi di antara kalian." .
Yg mungkin berpikir mau kasi nama malaikat buat anaknya misal Jibril atau Mikhail, Israfil mmm..sebagian ulama berpendapat itu makruh karena itu nama khusus malaikat yg hukumnya tampak jelas. Kecuali nama malaikat yang boleh untuk manusia seperti Malik - Wallahu'alam-
.
Juga ada beberapa nama yang dilarang dalam syariat yaitu:
1. Nama yg menghambakan diri kepada selain Allah, misal Abdusy Syam, Abdul +... (selain nama Allah)
2. Memberi nama Allah dengan didahului Alif dan lam seperti Ar-Rahman, Ar-Rahiim, Al-Khaliq. Tapi jika tanpa didahului Alif dan lam dan tidak bermaksud menyamakan sifat Nya maka dibolehkan, seperti nama Hakiim - wallahu'alam.
3. Memberi nama yg terlalu mengagung-agungkan seperti Malikul Muluk (Rajanya Raja), semakna dengan itu misal Haakimul Hukkam (hakim dari para hakim).
4. Memberi nama berhala
5. Memberi nama yang umumnya tidak disukai seperti Dholim, Firaun

Ada 3 cara memilihkan nama yg baik:
1. Diambil dari nama orang yg teguh pada agama
2. Nama yg diberikan memiliki jumlah huruf yang sedikit, ringan di lidah, mudah diucap dan gampang didengar
3. Namanya memiliki makna yg baik dan sesuai dengan si pemilik nama.
Ps: bikin nama yg 3 suku kata yaa.. biar nda perlu ngantri berulangkali mulai jam 4
Share:

0 komentar:

Posting Komentar