Rabu, 25 Januari 2017

Mom, mau curhat dikit ya tentang diriku yg gampang banget pilek. Duuh.. siapa nih yg kenal dekat sama saya? pasti mereka tidak heran lagi kalau tiap minggu sy pilek :(.
.
Jadi sy tuh alergi debu, bebauan, panas terik, angin dan cuaca yg berubah-ubah. Meskipun tergolong ringan pilek cukup mengganggu aktifitas sehari-hari. Anak yg minta diajak main sementara kita lagi nda fit dan mau istirahat saja, pekerjaan rumah pun jadi numpuk. .. Karena saking seringnya pilek jadi suka bingung ini karena alergi atau karena virus. Kalo pas kena virus kasian anak kan anak ikut tertular. .. Jujur nda enak banget deh punya alergi seperti ini, makanya saya bertekad untuk berusaha memproteksi Bilal dengan Asi
. .
Di dalam Asi ada banyak zat pelindung dari infeksi dan alergi.  dr. Fransisca Handy, Sp.A, IBCLC memaparkan beberapa diantaranya yaitu:
1.ASI amat kaya dengan sel darah putih atau leukosit, terutama pada kolostrum yang punya kemampuan membunuh kuman secara langsung maupun tidak langsung.
2. Antibodi atau imunoglobulin IgA. IgA, IgE dan IgM
3.Perlindungan non-antibodi. Di antaranya: (1) Laktoferin menghalangi bakteri untuk mendapatkan zat besi dan menghambat berkembangbiaknya bakteri, (2) Laktoperoksidase yang membunuh bakteri streptokokus, (4) Sitokin dan kemokin yang mengaktivasi jaringan kekebalan tubuh secara menyeluruh
4. Antiinflamasi dan komponen imunomodulator. Imunomodulator meningkatkan daya kerja dan kualitas respon kekebalan tubuh. Karena ini Asi punya efek perlindungan jangka panjang.
5. Berbagai enzim. Di antaranya adalah lisosom yg dapat bekerja secara aktif sebagai antibakteri, terutama terhadap bakteri gram positif.
.
Selain itu bila ada kuman baru masuk ke tubuh ibu, maka zat anti akan dibentuk dan ada pada asi yang diminum bayi sehingga akan kebal dengan kuman tersebut. .. .
Masya Allah karunia yg ada pada Asi itu sungguh rasanya mubazzir bila kita sia-siakan. Bahkan Allah pun telah mewajibkan kita menyusui hingga 2tahun dengan jelas di Alquran.
.
Semoga dengan ini makin banyak yang semangat ngAsi dan dipermudah pemberiannya. Semoga anak-anak kita tumbuh sehat dan sholeh /sholehah. Aamiin.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar