Kamis, 05 April 2018

Matematika di Sekitar Kita (day 5)


Bilal sedang senang bermain sekolah-sekolahan. Kadang saya yang menjadi gurunya, kadang dia yang ingin jadi pak guru, hehe..
Di rumah kami, ada kamar yang disetting menjadi kamar bermain dan belajar dan tiap belajar di sana, selalu saya dipanggil "bu guru", masyaAllah..senangnya. Bilal senang menyebut saya sebagai gurunya di depan teman-temannya 😍

Tantangan hari kelima ini Bilal berperan sebagai guru. Dia mengurutkan mainannya, lalu meminta saya menyebutkan warnanya "ini warna apa anak-anak?" hihihi..
Kemudian gantian, saya diminta untuk menjadi guru.
"Ayo yang mana mobil yang paling besar?"
Lalu dia menunjuk mobil biru yang besar.
"Yang mana yang paling kecil"
Bilal menunjuk mobil yang terkecil.
"Mobil berwarna merah yang mana?"

Kemampuan dasar matematika juga termasuk anak-anak paham konsep besar-sedang-kecil, kemampuan mengurutkan dari yang terbesar hingga terkecil, dan sebaliknya.

Selain itu, kami bermain timbangan dengan neraca.
Tadinya saya mengisi kedua piring timbangannya (piring?? 😂) dengan benda (mainan garpu plastik) yang beratnga sama sehingga neracanya seimbang.

Lalu Bilal menambahkan beberapa mainan di salah satunya. Sehingga, neracanya jadi miring.
Yang lebih berat, akan berada di bawah, yang ringan akan di atas.

"Seperti kalo Bilal main jungkat-jungkit, kan? Kalo main sama bunda, tempat Bilal duduk jadi terangkat karena bunda berat. Bunda di bawah, Bilal di atas, hehe.."
Share:

0 komentar:

Posting Komentar