Sabtu, 29 Februari 2020

REFLEKSI BELAJAR (jurnal 7 kelas ulat )

REFLEKSI DI TEPI DANAU

Tidak terasa sampailah kita di tepi danau. Kita istirahat bersama di sini, menghilangkan rasa penat yang sudah berjalan berhari-hari dengan sangat hebohnya.

Sambil duduk, menikmati, mari kita bongkar isi keranjang. Apa saja yang sudah didapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan?
Ah..makanan utama, hadiah dan cemilan-cemilan, sudah cukup banyak ternyata. 

Inilah makanan utamaku:

Klasifikasi tema dalam mind map:

Cemilan-cemilan dan hadiah yang kudapatkan:

Selama berkelana di hutan pengetahuan,  saya mendapat banyak makanan yang sesuai kebutuhan dalam mind mapku.

Jumlah Makanan Utama yang kudapatkan: 21

BIJAK POLA HIDUP
saya mendapat makanan untuk 2 tema :
* Manaj.Tidur berkualitas: 4  
* Manaj. Waktu dalam Islam: 5

BIJAK MENDIDIK ANAK
Saya mendapat makanan untuk 2 tema:
* Membersamai Anak, Memetakan Minat dan Bakat : 4 
* Parenting Nabawiyah: 2

BIJAK KOMUNIKASI
Saya mendapat 1 makanan, untuk tema : komunikasi produktif pada pasangan

BIJAK KOMITMEN
Saya mendapatkan 3 makanan

BIJAK GADGET
Saya mendapatkan 2 makanan

Sedangkan jumlah cemilan dan cemilan hadiah yang kudapatkan: 12

Jumlah makanan yang sesuai kebutuhan lebih banyak daripada yang saya cemil selama perjalanan. 
Karena setiap ingin mencicip, saya memang menyesuaikan dengan kebutuhan "laparku", berusaha fokus meski banyaknya godaan makanan enak.
Cemilan yang kulahap, pun sebenarnya merupakan "makanan pendukung makanan utama", yang saya rasa juga butuh, tapi tidak masuk dalam mind map.

Alhamdulillah..bahagia rasanya belajar di hutan pengetahuan ini. Karena tidak hanya sekedar makan, tapi penuh makanan yang bergizi dan juga lezat untuk dinikmati. 
Saya juga mendapat hobi baru, yaitu belajar bullet journal ☺, salah satu tools untuk membantu manajemen waktu, konsisten dan untuk refleksi diri.
Semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Aamiiin..

Share:

0 komentar:

Posting Komentar