Jumat, 03 Februari 2017

Tentang Menyapih

Tanggal 3 ya ini? Berarti dalam 2bulan lagi Bilal akan disapih? Huaah..degdegan rasanya. Karena sama sekali tidak kenal dot, saya harap tidak terlalu banyak drama. . .
Sapih menyapih itu sebenarnya juga perlu kerelaan ibunya sih.. Untuk sekarang tentu saya masih belum rela kehilangan momen romantis itu, saya suka lihat mata Bilal ketika bf dan rasa bahagia dibutuhkan sebagai ibu itu luar biasa :')
. .
Kalo dalam islam dianjurkan menyempurnakan penyusuan dalam 2tahun. Hanya Allah yang tahu mengapa 2 tahun itu di sebut sebagai masa menyusui yang sempurna. Sejalan dengan itu, Who juga menganjurkan kepada para ibu di seluruh dunia, tidak hanya yang muslimah, untuk menyusui anak hingga 2tahun (atau lebih) .
. .
Apakah penyapihan wajib 2 tahun?
Wallahua'lam. Dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan surat Al Baqarah ayat 233 tentang anjuran pemberian ASI, disebutkan, “Ini adalah bimbingan dari Allah Taála bagi para ibu supaya mereka menyusui anak-anaknya dengan sempurna, yaitu dua tahun penuh. Dan setelah itu tidak ada lagi penyusuan.”
. .
Yang kupahami, 2 tahun itu merupakan masa paling penting bagi kebutuhan nutrisi dan psikisnya, setelah 2 tahun tidak ada lagi penyusuan maksudnya kalo pun anak minta menyusu bukan untuk mengenyangkan perut, tapi biasanya hanya mencari kenyamanan
.
Menyapih itu tidak bisa langsung distop tiba-tiba, bisa bikin PD bengkak dan trauma bagi anak. Maka rasanya perlu ada pengalihan yang baik. Beberapa ibu berhasil dengan mengajak anak bermain, belajar baca doa bareng dan membaca buku sebelum tidur atau meminta bantuan orang lain untuk menemani di jam-jam biasanya dia menyusu
. .
Prinsip dalam menyapih adalah:
“Jangan menolak dan jangan menawarkan.” - dr. Annisa Karnadi
Secara bertahap, beri pengertian anak, kurangi jadwalnya, persingkat waktunya, dengan harapan bisa sukses tanpa paksaan. Kalo bisa pas 2 tahun sesuai anjuran Al Qur’an. semoga Allah mudahkan. Aamiin..
. . ~ Ririn |  Fast Team Book Advisor "More than a Team, we are a Family"
#ProudtobeFastTeam
#SharingIsCaring
#fogJanuari
#FOGsebelas
Share:

0 komentar:

Posting Komentar