Rabu, 01 Februari 2017

Tips mengenalkan dan menumbuhkan rasa sayang kepada Allah dalam diri anak

Agak malu ketika beberapa waktu lalu kudengar ucapan "astagfirullah.. Buku. Ini.. Jatoh, astagfirullah al adzim". Ucapannya memang belum terlalu jelas tapi nada bicara dan gayanya dengan muka berkerut persis kayak saya ketika kesal rumah beberapa kali diberantakin. Malu.. kok seperti itu caraku mengenalkan Allah? sambil marah-marah? .
.
Lain waktu senang karena hari itu Bilal nyari-nyari sandalnya sambil bilang "sepatu hilang, astagfirullah, sepatu hilang" .. Anak kecil apalagi batita memang masih berpikir konkrit. Ujung-ujung syaraf otaknya belum sempurna bersambungan. Tapi bukan berarti dengan itu kita belum mengenalkannya kepada Allah. .
.
.
Pernah baca bahwa anak umur setahunan bisa kita ajarkan pertanyaan sekaligus jawabannya. Seperti "Bilal agamanya apa? Islam", "Tuhannya Bilal siapa? Allah"
Atau bisa dimulai dari yang dekat dengan dirinya. Mengenalkannya mata, tangan, hidungnya semua itu ciptaan Allah. Mungkin karena masih kecil yaa jadi belum ada pertanyaan lanjutan. Semoga ketika sudah bisa bertanya panjang lebar, kita sudah bisa menjawab dengan tepat dan dengan bahasa yang dia mengerti. . .
. Tips mengenalkan dan menumbuhkan rasa sayang kepada Allah dalam diri anak, caranya:

1.Ajarkan kalimat "laa ilaaha illallah" segera setelah anak bisa bicara
2.Ajarkan pula kalimat pujian kepada Allah sesuai dengan situasinya
3.Ajaklah anak melihat keindahan alam beserta isinya, atau ceritakan kepada mereka berbagai peristiwa alam yang menakjubkan dan jelaskan bahwa semua itu adalah ciptaan Allah. Allah yang mengatur alam semesta ini.
4.Baca Al quran dan lakukan Ibadah di hadapan anak untuk menunjukkan cara mengungkapkan rasa sayang kepada Allah
5.Ajarkan anak menghafal surah pendek dan ajak anak bersama-sama melakukan ibadah sebagai latihan
6.ceritakan kepada anak mengenai kisah orang yang melakukan amalan baik akan disayang Allah
*sumber: Petunjuk orang tua Halo Balita seri "Aku Sayang Allah" .
. .
. ~ Ririn |  Fast Team Book Advisor "More than a Team, we are a Family"
#ProudtobeFastTeam
#SharingIsCaring
#fogJanuari
#FOGdelapan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar