Selasa, 22 Mei 2018

Semua Anak adalah Bintang (day 2)

Kegiatan kedua yang saya observasi ini temanya pengenalan Hilal. Ketika akan memasuki bulan ramadhan..hilal ini populer sekali. Sering dicari-cari, hehe..

Hilal itu apa? bunda jelaskan sedikit kepada Bilal, sekalian menambah kosa katanya.

Hilal itu termasuk fase bulan. Bahasa arab yang berarti bulan sabit. Yaitu bulan sabit awal yang pertama kali kita lihat setelah fase bulan baru.
Hilal munculnya tidak lama dan penampakannya tipis sekali sehingga kadang tidak bisa dilihat langsung tapi menggunakan teleskop.

Kita umat islam mengamati Hilal untuk menentukan kapan awal dan berakhirnya bulan Ramadhan.

Di pretend play ini kita awali dengan belajar fase bulan. Sebelumnya kami sama-sama membaca tentang bulan di buku Ensiklopedi Bocah Muslim.

Setelah itu Bilal memainkan mainan buatan bunda, Moon phases wheel, alat peraga fase bulan dan menggunakan DIY teropong untuk pretend play mengamati hilal.


Pretend play termasuk permainan yang membuat mata Bilal berbinar-binar. dengan pretend play,banyak hal yang tereksplorasi. Seperti kesenangannya terhadap hal baru, bergerak dan story telling.

Masih membahas fase bulan. Saya coba memberikan aktivitas montessori menggunakan 3 part card perubahan bentuk bulan (printable dari negerinower.wordpress.com).
Bilal mengerjakan dengan tidak sabar.

Urutannya, bunda harus mencontohkan terlebih dahulu, tetapi Bilal langsung ingin mengerjakannya sendiri. Sehingga, ada yang tidak sesuai instruksi.
Di saat seperti ini, saya harus tetap.menggigit lidah, menahan untuk tidak mengoreksi.

Selesai dia mengerjakan, saya minta untuk memperhatikan kembali, saya mencontohkan, sehingga bisa tau kesalahannya dimana.
Ketika saya minta Bilal untuk mengulangi, dia menolak..hehe..
Share:

0 komentar:

Posting Komentar