Selasa, 29 Mei 2018

Semua Anak adalah Bintang (day 9)

Observasi hari kesembilan.
Masih dengan tema shalat. Saya buatkan Bilal lapbook belajar sholat.


Sesungguhnya lapbook ini dibuat hanya dengan menyatukan, menempel hasil DiY pengenalan sholat yang sudah saya buatkan sebelumnya.

Ternyata membuat lapbook pertema ini menarik juga. Pantas bule-bule senang membuat lapbook untuk anaknya, hihi.. Dengan pertema begini juga lebih mudah belajarnya.

Ada beberapa aktivitas di dalam lapbook itu.
* Belajar urutan wudhu
* Waktu sholat berdasarkan penampakan langit
* Belajar jumlah rakaat sholat
* Kartu gerakan sholat
* Alat peraga sholat

Yang paling senang Bilal mainkan adalah belajar urutan wudhu, karena bisa dilepas pasang (saya gunakan kancing jepret, tadinya mau pake velcro tapi tidak punga) dan alat peraga sholat.
Alat peraga sholat ini bisa digerak-gerakkan. Bilal senang menirukan gerakannya.

Oh iyaa..selama ini Bilal senang diajak sholat, meskipun lebih banyak mainnya. Dia sudah bisa menirukan gerakan mulai dari takbiratul ihram (beserta bacaannya "Allahu Akbar", tangan bersedekap, membaca Alfatihah, Ruku', i'tidal,sujud, duduk tasyahud (meski belum sempurna), menirukan isyarat telunjuk, dan salam (berserta bacaan salam).

Bilal bisa menirukan, tapi belum tahu nama gerakannya. Melalui lapbook saya mengenalkan nama gerakannya.

Eh, Bilal sebenarnya baru bisa gerakan sujud loh..kalo tidak salah bulan lalu. Biasanya sujudnya dengan posisi tengkurap. Hehe..dijurnal aktivitasnya terdapat foto Bilal memamerkan cara sujud yang dia bisa.

Saya senang melihat Bilal antusias belajar sholat belum sempurna. Kita belajarnya pelan-pelan saja..tidak perlu menggegas yang penting menumbuhkan rasa cinta beribadah 😊
Share:

1 komentar:

  1. Masya Allah barakallah..
    lagi nyari2 bahan materi membuat shalat paper doll.. Alhamdulillah ketemu bunda dan kak Bilal.. jadi terinspirasi..
    jazakumullah khairan

    BalasHapus