Minggu, 20 Mei 2018

Semua Anak adalah Bintang (day 1)

Alhamdulillah..sudah masuk level 7 di kelas Bunda Sayang. Tantangan kali ini kita diminta mengamatinaktivitas yang membuat anak berbinar-binar. 

Semua anak adalah bintang. Setiap anak pasti punya keunikan sendiri, bakat sendiri..tidak ada yang lebih daripada yang lain. 

Tugas kita sebagai orang tua yang mengobservasi minat dan ketertarikannya. 
Oleh karena itu saya sedang belajar membuat jurnal aktivitas dalam melaksanakan proyek belajar bersama Bilal. 

Dengan membuat jurnal, saya punya data mengenai ketertarikan Bilal dan apa yang membuatnya berbinar-binar. 
Data ini insyaAllah bisa saya gunakan nanti untuk memetakan bakatnya. 

Kebetulan kami ikut challenge #semarakramadhan. Jadi insyaAllah..proyek selama tantangan ini juga akan berkaitan dengan aktivitas Bilal selama bulan ramadhan.

Hari pertama tantangan, saya coba menuliskan jurnal aktivitas Bilal dalam proyek "Membuat Dekorasi Ramadhan"

Kegiatannya sudah berlangsung 4 hari yang lalu, hehe..
Curhat yaa, qadarullah Bilal kena HMFD lagi (flu singapur) 😞. Tapi alhamdulillah meski waktu itu belum pulih, dia tetap aktif bermain.
Hanya saja..saya isolasi, bermainnya hanya di rumah saja, belum boleh keluar. Anak-anak tetangga rupanya juga beberapa ada yang terkena virus ini.

Untuk menghibur dia yang sedih karena tidak bisa bermain dengan teman-temannya. Saya berupaya untuk memberikan banyak aktivitas seru pwngwnlan ramadhan dan ibadah selama di bulan ramadhan.

Hari pertama saya berikan Bilal aktivitas meronce bendera dekorasi/paper bunting flag Ramadhan untuk menyemarakkan ramadhan kami.

Sebelum ramadhan, selalu saya  sounding bahwa kita akan memasuki bilan ramadhan, bulan puasa yang penuh berkah, yang harus kita sambut dengan gembira. Membuat dekorasi ramadhan juga dalam rangka membuat suasana ramadhan ceria dan semarak.

Ini pertama kalinya saya memberi aktivitas meronce dengan tali untuk Bilal. Biasanya hanya menggunakan benda yang lebih keras seperti sedotan atau tusuk sate. Meronce dengan tali lebih membutuhkan konsentrasi dan kesabaran.

Masya Allah..ternyata Bilal easy dan enjoy mengerjakan aktivitas meronce ini. Dia dengan teliti mengikuti gambar pola warna dan huruf bendera lalu merangkainya sambil mengajak saya bercerita.

Dari pengamatan saya, Bilal termasuk anak yang senang berbicara, menyampaikan cerita.
Kosa kata yang dia tahu juga sudah banyak dan mampu membuat kalimat yang baik ketika bercerita.
Namun, dia gampang terdistraksi, hehe..ketika sedang bercerita, kita harus memberi perhatian penuh dan tidak memotong pembicaraannya. Kalau kita lakukan, Bilal suka ngambek bahkan nangis 😁.

#semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang



Share:

0 komentar:

Posting Komentar