Kamis, 24 Mei 2018

Semua Anak adalah Bintang (day 4)

Observasi hari keempat. Masih pengenalan tentang puasa.
Bilal suka menawarkan makanan ketika dia sedang makan "bunda makan kue juga..bunda mau cicip susu?", hehe..
dan tentu saja saya jawab "bunda sedang berpuasa".
"ooh..bunda puasa ya..nanti makan yaa"
lalu beberapa menit kemudian dia kembali menawarkan makanannya 😁

Saya ajak untuk membaca buku "Happy Ramadhan" dari www.muslimkecilku.com yang isinya mengenalkan puasa dengan bahasa yang sederhana.
Dari bacaan tersebut, ketika saya tanyakan, Bilal sudah busa menyebutkan "puasa itu tidak makan, tidak minum, tidak boleh marah"

Sempat dia menyeletuk "tapi aku tidak puasa,tapi aku tidak suka marah"
(Iya yah..tidak puasa pun kita tidak boleh marah-marah, hehe)
"nanti aku mau puasa juga. nanti kita makan kalo malam", tambahnya
Saya tambahkan juga, bahwa sejak magrib kita sudah boleh berbuka puasa.

Untuk memberikan pemahaman lagi, panda ajak Bilal membaca buku Halo Balita yang bercerita tentang Sali yang baru belajar puasa.

Di jurnal aktivitas Bilal terlihat beberapa media bacaan yang saya siapkan untuk pengenalan puasa.

Untuk lapbook Ramadhan karena bentuknya yang unik, Bilal lebih senang "memainkan" daripada dijelaskan isinya.

Poster Semesta ramadhan yang isinya juga lebih lengkap tentang surah dalam Alquran tentang puasa, syarat puasa,makanan sehat saat puasa, amalan puasa, hal yg membatalkan puasa, dan doa berbuka. Hanya dia dengarkan sebentar.
Mungkin masih terlalu berat yaa..PR bunda nih, harus bisa menjelaskan dengan bahasa sederhana 😁

Share:

0 komentar:

Posting Komentar