Senin, 28 Mei 2018

Semua Anak adalah Bintang (day 8)

Observasi hari ke delapan dengan tema shalat.

Alhamdulillah Bilal selalu antusias jika diajak shalat apalagi ke masjid. Meskipun disana dia tidak selalu ikut sholat, tapi masih bermain dan biasanya hanya ikut di rakaat terakhir, hehe..

Meski akrab dengan suasana sholat,  ternyata selama ini Bilal belum tahu nama alat-alat sholat. Itu saya tahu ketika meminta tolong diambilkan sajadah dan dia bingung, haha..

Karena temanya tentang sholat ,saya ingin memperkenalkan nama alat sholat yang biasa digunakan dan yang umum dia lihat.
Saya gunakan metode montessori menggunakan kartu nomenklatur yang ada gambar dan label.

Menggunakan 3 periode lesson yaitu:
* pertama,mengenalkan nama bendanya satu persatu sambil menjelaskan kegunaan dan bedanya dengan benda yang lain
* kedua, setelah anak dianggap paham,coba tanyakan " yang mana...(sajadah)?"
* ketiga, menanyakan nama benda yang ditunjuk. "ini apa?"

Di tahap 1 dan 2 Bilal sudah lancar, tapi ternyata di tahap ketiga masih suka lupa,hehe..berarti harus dimantapkan dulu tahap sebelumnya.
alhamdulillah dia fun ketika bermain nomenklatur ini.

Saya lalu ajak untuk menyamakan labelnya. Jadi, label saja (tanpa gambar) saya minta Bilal untuk meletakkannya di bawah gambar+label. Ini membutuhkan fokus dan konsentrasi.

Menggunakan aparatus montessori memang salah satu dari banyak tujuannya adalah untuk meningkatkan konsentrasi.

Dari observasi saya, alhamdulillah makin hari Bilal semakin baik dalam hal konsentrasi.
Dan selalu...saya beri perhatian khusus untuk emosinya.

Ketika dia bisa mengerjakan tanpa emosi saya selalu memberi apresiasi, saya juga belajar untuk mengapresiasi setiap usahanya, dan tidak menuntut agar cepat bisa.

Saya ingin kami bisa bermain dengan gembira tanpa ada rasa tertekan karena harus selalu sempurna. Dan apresiasi itu juga yang bisa membuat dia berbinar-binar.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar