Senin, 15 Januari 2018

Minggu Seru: Menggambar dan Mewarnai

Hari minggu,kami masih di rumah eyang. Saya bersyukur dan mengungkapkan terima kasih kepada Bilal karena telah bersikap baik selama acara ngunduh mantu om Aca berlangsung.  Alhamdulillah Bilal bisa ikut terlibat dalam acara, tidak rewel dan bermain dengan sepupunya.

Tante Erin menghadiahi Bilal spidol warna. Bilal senang sekali, tak lupa  dia berterima kasih.
Jadi minggu seru ini kami isi dengan menggambar dan mewarnai.

Saya diminta menggambar ‘spiderman’ di kertas, lalu katanya “Bilal aja yang warnai”.
Kadang yaa..kita suka gemas ketika anak mewarnai tapi keluar garis,atau warnanya tidak sesuai, hehe..itu saya sih..tapi gemesnya dalam hati saja..belajar menahan untuk tidak berkomentar selama anak berekplorasi.

Membiarkan Bilal memilih sendiri warna yang akan digunakan, cara memegang spidol yang nyaman dan mudah menurut dia, dan merasakan bagaimana ketika ujung spidol menyentuh kertas itu merupakan proses belajar juga. 

Ketika mewarnai, Bilal menekan kuat-kuat spidolnya seperti ketika dia menggunakan krayon. Apa yang terjadi? Tentu saja kertasnya jadi sobek. Bilal menangis tersedu, sedih sekali sepertinya karena karyanya rusak.

Saya menerima perasaan kecewanya, lalu setelah memeluk saya hibur dengan mengatakan kita bisa bikin lagi yang baru, dan memberi kata motivasi agar Bilal mewarnai dengan lebih keren lagi.

Tadi kenapa ya kertasnya bisa sobek?” tanyaku dengan tujuan membantunya menyimpulkan apa yang terjadi tadi.
tadi aku warnai..terus rusak”
“ooh..rusak karena sobek ya gambarnya?
(*Bilal mendapat kosa kata baru "sobek")
Mungkin Bilal mewarnainya terlalu keras. Tadi gimana caranya?”
Lalu Bilal coba mewarnai lagi
ooh..begitu, itu terlalu keras jadi kertasnya rusak, sobek. Bunda contohkan yaa..Seperti ini caranya..”
*saya mencontohkan cara mewarnai dengan lembut.
pelan-pelan yaa..Bilal bisa?”
“bisa

Kemudian Bilal menggambar sendiri spidermannya, kepalanya tidak bulat sempurna. Matanya bulat dan tidak simetris, hehe..dan warnanya tidak seperti spiderman pada umumnya, bukan merah..tapi warna cokelat. Tapi Bilal senang dan mengaku itu spiderman.

Bilal meminta saya saja yang mewarnai spidermannya (mungkin masih ragu, takut sobek lagi). Saya menawarkan mewarnai separuh dan Bilal separuhnya. Bilal memilih mewarnai matanya, hehe..

Dari kegiatan menggambar dan mewarnai, bisa belajar banyak ya..dengan kita menahan diri untuk tidak menginterupsi saat anak mau melakukan sendiri banyak sekali pengalaman yang bisa dia dapat, imajinasi, kemandirian dan rasa percaya dirinya bisa terasah, mendapat pengalaman berharga dengan mengalami sendiri apa yang terjadi jika mewarnainya seperti itu? belajar mengontrol emosinya saat kecewa, berani menghadapi tantangan dsb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar