Sabtu, 06 Januari 2018

Sabtu Bermutu: Proyek Bersih-Bersih Ruang Bermain

Designed by Freepik

Temanya "sabtu bermutu". Weekend ngapain? Biasanya sih hari Sabtu kami di rumah saja, karena kadang Pandanya Bilal masih harus mengajar jadi jarang jalan-jalan di hari Sabtu.
Biasanya juga suami-suami mau di rumah aja kan setelah kerja dari Senin-Jumat. Bagaimana supaya Sabtunya tidak diisi dengan malas-malasan? Atau setidaknya ada yang kami lakukan bersama agar bonding dengan keluarga lebih erat? Maka terciptalah tema ini,..semoga bisa jalan terus,hehe..

Proyek Bersih-Bersih Ruang Bermain.
Tujuan:
1.Bilal antusias dan senang terlibat dalam proyek
2. Ruang bermain bersih dan nyaman
3.Bilal mengenal tentang Islam yang cinta kebersihan
4. Menumbuhkan sikap inisiatif

Kamar di rumah kami hanya ada dua tapi hanya satu juga yang ditempati untuk tidur, satunya lagi difungsikan sebagai "gudang".
Awal niatnya, daripada kosong, kamar itu dijadikan ruang bermain Bilal saja.
Buku-buku dan mainan Bilal kami simpan disitu, agar mainnya disitu saja dan tidak membuat berantakan seluruh ruang 😅.
Eh..padahal sudah buku-bukunya diangkut kesitu, tetap saja Bilal mainnya di luar. Akhirnya lama-lama..kamar tersebut malah menjadi gudang. Banyaknya barang membuat saya juga malas masuk kesana.

Akhir-akhir ini saya lihat, Bilal sedang suka main disitu. Buku-buku beserta rak bukunya sudah saya angkut keluar tapi memang masih ada beberapa mainan #diybunda dan beberapa buku sofcovernya yang terpajang disitu, itu yang sedang suka dia eksplorasi.
Maka kepikiranlah untuk mengembalikan fungsi awal kamarnya.

Sudah direncanakan sih dari beberapa minggu lalu, tapi selalu saja tidak terlaksana. Sabtu ini pun, Pandanya Bilal belum sempat ikut dalam proyek kami karena ternyata beliau masih harus mengajar di hari Sabtu, huhu..
Yasudah, tidak apa-apa..kami mulai saja berdua.

Pagi sebelum memulai proyek bersih-bersih, saya sampaikan dulu ke Bilal kalo kita akan membereskan kamar. Kegiatannya dimulai setelah sarapan.
Semalam beberapa kardus simpanan bunda 😅 sudah panda angkut. Kebiasaan ngumpulin barang-barang bekas tapi entah kapan dieksekusi 😥.

Saya masuk ke kamar diikuti Bilal,  mengobservasi mana yg harus dibereskan duluan.
Eh ada bunga-bunga tiruan nyempil di pojokan, dulunya mau dibuat hiasan dinding tapi sampe sekarang tidak juga digunakan.
Bunga-bunga itu lalu saya tancapkan di strerofoam, Bilal ikut menancapkan, lalu kurangkai di sebuah kotak, bekas rumah hamster 😅.

Mulai menyortir mana yang perlu disimpan dan mana yang harus dibuang. Bilal belum ikut membantu,wkwk..dia sibuk main di antara barang.
Melihat kardus-kardus yang masih bagus dan kokoh itu jadi gatel mau pakai. Akhirnya saya bungkus dengan kertas kado (kertas kadonya sudah tersedia,ditimbun sejak lama 😅).
Duuh..seperti inilah kalo saya "katanya" mau beres-beres. Sering tidak rela membuang barang, makanya kalo mau beres-beres butuh panda untuk bagian menyortir 😥.

Kegiatan menyortir sekalian memasukkan barang-barang ke kardus yang sudah dibungkus kertas kado tadi.
Isinya?? Banyakan bahan-bahan craft ku..haha..
kertas kokoru, artfoam warna warni, plastik mika warna-warni,gliter, kain-kain, flanel, dakron, manik-manik dsb. Saya sortir jadi 3 jenis untuk 3 kardus..Bilal ikut memasukkan ke kardus.

Bilal menumpuk kardus-kardusnya katanya "ini menara", hehe.
Setelah selesai dengan pernak-pernik craft, lanjut menyapu.
Bilal inisiatif, tanpa saya minta memindahkan mainan dan beberapa kresek agar tidak menghalangi saat saya menyapu, mungkin juga takut kena kotoran debunya, hihihi. Saya puji inisiatifnya, Bilal tersenyum senang.

Ketika merapikan barang-barang lain, Bilal menemukan celengan berisi uang koin seribu.
"Bunda..makasih yaa..ini harta karun ku"
"Makasih? Kenapa bilal berterima kasih?"
"Karena aku punya harta karun" katanya.
"Bilal senang?"
"senang dong.." 😆
Lalu dia minta isinya dikeluarkan. Setelah dikeluarkan, Bilal masukkan lagi koin-koin tersebut ke celengan, hehe..

Proyek tadi belum sepenuhnya selesai padahal sudah hampir 3jam. Akhirnya saya putuskan disambung nanti saja, belum masak untuk makan siang, wkwk..


#tantangan_hari_ke2
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa
Share:

0 komentar:

Posting Komentar