Senin, 30 Maret 2020

Komunikasi Produktif (Tantangan hari 7/30)


Hari ketujuh tantangan. Sebenarnya yang paling menantang adalah komunikasi produktif pada diri sendiri.

Masih sering mengucapkan kata negatif, tidak percaya diri dan takut.
Sayangnya ketakutan-ketakutan itu bisa menular juga ke anak, huhuu..
Kata seperti "tidak bisa", "Aku takut" itu yang harus saya perbaiki lagi.

Tadi, ketika ada siput telanjang yang masuk rumah, saya jijik sekali. Memang tiap musim hujan selalu masuk rumah. Dan kayaknya semakin banyaak  jumlahnya 😱.

Untungnya, kakak Bilal sudah berani. Jadilah dia yang membuang siputnya ke luar rumah.

Awalnya saya menularkan rasa takut itu. Dulu setiap melihat siput,atau serangga apapun dia akan teriak.
Setelah diajarin Pandanya bahwa mereka itu tidak menakutkan, dia sudah berani.

Tidak butuh waktu lama ternyata. Dalam sehari, sudah berani dong 😆.
Panda mengajari dengan langsung menujukkan cara mengusir atau membuangnya. Dan Bilal diminta untuk mencoba.

"Bunda,siput itu tidak perlu ditakuti."
" Siput itu lambat jalannya, manusia lebih cepat. Dia juga tidak menggigit manusia. Jadi kita tidak perlu takut",kata Bilal panjang lebar tadi menasihati bundanya, hahaha..

"Tapi bunda takut...hih..jijik", jawab saya.

"Nda perlu jijik juga..memang lengket ada lendirnya, tapi bisa dicuci nanti.
Kan dicungkil pake sendok terus dibuang, sendoknya dicuci"

Dan saya? Iya iyain aja..
😅 masih takut,lebih ke jijik sih sebenarnya. Gimana dong? 😅

Bagde untuk komunikasi pada diri sendiri

Share:

0 komentar:

Posting Komentar