Jumat, 27 Maret 2020

Jurnal Puasa Kepompong (Pekan 1)

Selain menjalankan #tantangan30hari di kelas kepompong bunda cekatan, kami juga menjalani puasa selama sepekan-sepekan. Total puasa nantinya ada 4 pekan.
Puasa sepekan ini sebenarnya sudah mulai duluan dari #tantangan30hari.
Tepatnya dimulai hari Jumat, 20 Maret 2020.

Pekan pertama saya memilih berpuasa dari malas membersihkan rumah malam hari.
Seharian setelah berkegiatan dengan anak, pasti rumah menjadi kacau. Mainan dimana-mana, belum lagi piring yang hanya ditumpuk. Padahal tidak banyak sih.. biasanya hanya piring sehabis makan malam itu.

Sebelumnya, saya memang mematok tugas domestik untuk sapu pel ketika esok pagi, sehabis rutinitas subuh.
Tapi ternyata, tidak cukup seperti itu.
Agar mood begitu memulai hari menjadi baik, saya butuh melihat rumah yang bersih cling dan sudah "siap" untuk anak-anak explore lagi.

Selama ini, Panda yang selalu membantu.
Malam hari sebelum tidur beliau yang menyapu dan mengepel agar istrinya besok ketika bangun pagi langsung lihat rumah bersih, dapur bersih, tinggal main sama anak 😅.
Panda berusaha agar besok saya bangun dalam keadaan bahagia, masyaAllah..jazaakallahu khairan Panda ❤.


Kali ini saya harus berusaha "jangan kalah sama rasa lelah, apalagi malas".
Rumah Bersih Rapi 21.00-07.00

Saya tetapkan indikator keberhasilannya yaitu:

Badge Exellent: ketika mainan rapi, (dengan melibatkan Bilal bagian membereskan mainannya, dan bunda bagian membereskan buku), bunda cuci piring, lantai disapu dan dipel.

Badge very good: ketika mainan rapi (dengan melibatkan Bilal bagian membereskan mainannya, dan bunda bagian membereskan buku), bunda cuci piring, lantai disapu.

Badge satisfactory: ketika mainan rapi (dengan melibatkan Bilal bagian membereskan mainannya, dan bunda bagian membereskan buku), bunda cuci piring.

Badge need improvement: 
ketika hanya satu yang beres mainan yang rapi (dengan melibatkan Bilal bagian membereskan mainannya, dan bunda bagian membereskan buku) atau bunda cuci piring


  • Hari pertama mainan rapi, bunda cuci piring, dan menyapu, tapi untuk mengepel masih panda yang lakukan. Masih ada rasa malas karena lelah dan mau langsung tidur saja 😔. Awal yang baik, perlu terus pembiasaan. Dapat badge very good.
  • Sayangnya ternyata, kemalasan sebelumnya bisa menular ke hari esok. Maka, hari kedua saya mendapat bagde satisfactory saja.
  • Ahamdulillah hari ketiga, keempat dan kelima mendapat badge excellent 😍. Saya bahagia.. karena kami melakukannya dengan gotong royong. Saya harap ini juga membentuk kebiasaan Bilal untuk bertanggung jawab membereskan mainannya sendiri sebelum tidur
  • Sayangnya, di hari keenam saya mendapat badge satisfactory lagi. Karena adek Amanah terbangun, butuh menyusu. Dan saya ketiduran ketika menyusui.  Beres-beres pun diselesaikan oleh Panda.
  • Ternyata di hari ketujuh, bahkan saya hanya sempat cuci piring lalu tidur segera. Malam itu memang saya sedang tidak enak badan, dan memilih tidur cepat. Badge yang saya dapat: Need improvement !

Bagdenya masih warna-warni. Semoga bisa meningkat excellent terus.
Pelajaran yang saya dapat dari Ibu Septi bahwa "Kegagalan hari ini cepat sekali menarik kegagalan berikutnya".

Bismillah..terus berusaha konsisten. "Jangan kalah sama rasa lelah, apalagi malas"

Share:

0 komentar:

Posting Komentar