Rabu, 14 Februari 2018

Mengamati Gaya Belajar Anak (day 10)

Hari 10 pengamatan gaya belajar. Bilal menggambar ini kemarin.

Melalui gambar itu, Bilal bercerita bahwa dia dan Bunda sedang jalan-jalan. Ada mobil dan matahari yang bersinar terang, katanya.
Bilal kemudian menambahkan gambar balon, lalu meminta saya menggambarkan "Bilal dan bunda", masing-masing memegang balon yang telah Bilal gambar.
Maaf yaa..gambar bundanya sederhana itu 😅😅.

Di balik kertas gambarnya, ternyata ada gambar lain yang Bilal buat, yang baru saya temukan malam ini, hihi..gambar apa itu ya?

Aktivitas lain yang kami lakukan kemarin yaitu bermain nomenklatur kartu 3 bagian (gambar dan nama benda, gambar saja, nama benda saja). Ini termasuk aktivitas pondasi bahasa dalam metode Montessori.

Tahap pertama menyebutkan nama-nama benda (naming), sambil mengurut dari kiri ke kanan di alas kerja.
Saya mencontohkan lalu Bilal mengikuti dan menyebut nama bendanya (kami menggunakan model kendaran alat berat)



Tahap kedua, mencocokkan benda dengan gambar/kartu. Tahap ketiga mencocokkan gambar dengan gambar/buku.

Untuk anak yang lebih besar, bisa ditambah dengan mencocokkan gambar dengan kartu yang bertuliskan nama bendanya saja. Tapi kami cuma sampai mencocokkan benda-gambar-buku dulu 😊.

Hasil pengamatan, Bilal menampilkan kemampuan visualnya dalam dua aktivitas (menggambar dan bermain nomenklatur).
Bilal mampu membuat gambar dengan memvisualisasikan benda yang pernah dilihatnya, memperhatikan dengan baik detail benda lalu mencocokkannya dengan kartu bergambar dan buku.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar