Sabtu, 17 Februari 2018

Montessori: Pondasi Bahasa Bersama Anakku

Kegiatan 1: Nomenklatur Alat Berat

Bunda mengurutkan model kendaraan dari kiri ke kanan.

Bilal mencocokkan model kendaraan alat berat dengan DIY nomenklatur yang telah bunda siapkan.
Di foto ke dua ini Bilal menambahkan sendiri model "dump truck" karena nomenklaturnya tersedia, tapi tidak saya pajang, hehe..

Setelah mencocokkan benda dengan nomenklatur, Bilal mencocokkan dengan gambar yang ada di bukunya. Ada beberapa yang tidak terdapat di dalam buku. Kemudian lanjut mencocokkan nomeklatur dengan nomenklatur (gambar dan tulisan --- gambar saja)

videonya bisa dilihat di IG @rinmouri yaa :)


Kegiatan 2 : Nomenklatur Alat Tulis
Megenalkan nama benda untuk menambahkan kosa kata.

Three period lesson

  • Tahap 1: memberitahukan nama bendanya,anak menirukan saja. Diulang-ulang, sampai tau beda benda satu dengan yang lain .

Mengurutkan benda dari kiri ke kanan sambil menyebut namanya. Bilal menirukan

  • Tahap 2: mulai bertanya "mana yang?" Bilal sudah bisa menunjukkan dengan benar beberapa benda yang saya tanyakan. Ketika saya tanya "yang mana yang pelubang kertas?" dia masih ragu menunjuk. Berarti perlu diulang, diyakinkan lagi tahap 1nya,hehe..

Ketika anak belum menunjuk benar juga jangan dibilang "salah", ulangi saja memberi tahu namanya, tidak perlu terburu-buru.

  • Tahap 3: bertanya "apa ini?". Tahap ini ketika anak sudah terbiasa dengan material, tahap 1 dan 2 sudah lancar (Guru kami, bu Mini bahkan menunggu anak yang memberitahukan sendiri nama bendanya)

Di akhir,  Bilal mencocokkan benda dengan kartu nomenklatur.

video kegiatannya di IG @rinmouri yaa


Kegiatan 3 : Nomenklatur Alat Makan

Mengurutkan benda dari kiri ke kanan, sambil menyebut namanya
Bilal mencocokkan benda dengan kartu nomenklatur, kemudian mencocokkan nomenklatur dengan nomenklatur (gambar dan nama ---- gambar saja)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar