Jumat, 09 Februari 2018

Mengamati Gaya Belajar Anak (day 5)

Bilal sedang menyukai permainan puzzle.
Kalau dalam metode Montessori itu yang disebut periode sensitif. Dimana anak sedang senang melakukan sesuatu terus menerus, berulang-ulang. Saat itu pula waktu yang tepat itu memberi stimulus, karena kemampuan belajar anak lebih pesat.

Sebelumnya jika saya kasi puzzle dicueki, atau hanya dimaini sebentar.
Sekarang tiap hari mengajak main puzzle.
Tingkat kerumitan puzzlenya juga bertambah dan Bilal mau berlama-lama, terus mengulangi permainannya sampe benar-benar lancar 😍.

Ketika bermain puzzle, Bilal menggunakan modalitas visual dengan memperhatikan baik-baik potongan gambar pada puzzle untuk dicocokkan dengan pasangannya.
Setelah menyelesaikan, diiulang lagi dari awal.

Selain puzzle, yang menarik perhatian Bilal sekarang adalah pensil warna/spidol. Dia senang menggambar apa yang ada dalam imajinasinya.

Kamis pagi setelah selesai dengan permainan puzzlenya, Bilal meminta kertas dan persil warna.
Bilal mulai menggambar. Dia ingin menggambar badak, tapi kesal karena ketika menggoreskan pensilnya ke kertas, warnanya tidak timbul.

Pensil warna itu rupanya memang harus ditekan lebih keras agar timbul warnanya.
Kuajari cara menggunakan, tapi Bilal masih saja kesal dan meminta saya saja yang menggambarkannya badak.

Setelah gambar badak jadi, baru Bilal mau  mencoba lagi menggoreskan pensilnya. Dia berhasil bikin rumput 😁. "Badak sedang makan rumput", katanya, hihi..

Bilal meminta lagi ditambahkan gambar serigala di belakang gambar badak.
"Gambar serigala, bunda.."
Setelah jadi..
"Waduh, kasihan badaknya bisa dimakan serigala ini"
"Iyaaa..tapi aku mau gambar sungai, serigala nya tidak bisa lewat sungai" 😁
Lalu Bilal menggoreskan pensil warna biru muda, menggambar sungai yang panjang dari ujung ke ujung.
Masya Allah..imajinasinya terasah dengan hanya bermain sederhana seperti ini.

Membaca materi cemilan Rabu ini tentang gaya belajar. Ternyata ada 7 tipe gaya belajar yang dipaparkan dalam materi diklat PAUD yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Kan. Bantul tahun 2009.
Lengkapnya bisa dibaca di sini.

 Jika disesuaikan dengan gaya belajar yang disebutkan dalam materi diklat tersebut, Pengamatan hari Kamis, 8 Februari 2018 Bilal menggunakan tipe belajar "ruang".
Dia berpikir dengan gambar-gambar, berimajinasi, dan menyukai kegiatan menggambar dan permainan puzzle.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar