Sabtu, 10 Februari 2018

Mengamati Gaya Belajar Anak (day 6)


Pengamatan hari ke 6: Jumat, 9 Februari 2018.
Kami waktu itu sedang bemain peran/pretend play. Bilal berperan sebagai dokter dan saya pasiennya.

Selama bermain, Bilal sendiri yang menyampaikan idenya. Dia mengarahkan saya harus seperti apa, termasuk keluhan saya apa ke dokter.
Bilal meminta saya berpura-pura sedang sakit perut. Perut saya lalu diperiksanya menggunakan mainan gantungan yang ada suction cupnya ceritanya itu adalah stetoskop dan dokter Bilal serius memeriksa.

"Perut saya sakit dok."
"Sebentar ya, periksa dulu"

*setelah diperiksa
"Sepertinya ada yang aneh"
"Ada apa dokter?"
"Kamu terakhir2 ini makan-makan jd gendut"

*Gubrak 😨😁😂😂. Adaaa..aja celotehnya yang tidak terduga wkwk.

Ketika pretend play Bilal menampilkan modalitas kinestik, belajar melalui praktek, berperan langsung, menyentuh objek dsb.
Selain itu, Bilal terlihat menggunakan beberapa ciri dari tipe belajar seperti yang dipaparkan dalam materi Diklat PAUD yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Kab. Bantul tahun 2009. (Selengkapnya disini).

Ciri-cirinya yang ditampilkan
(1) *Linguistik*
Bilal menceritakan, bermain kata-kata, berdialog.

(2) *Fisik*
Bilal bermain, berpikir dengan menyentuh, bermain peran, drama, gerakan, dsb

(3). *Interpersonal*
Bilal memantulkan ide-idenya terhadap orang lain.
Bilal menyukai berkumpul,berkelompok dengan anak-anak bahkan orang dewasa ketika bermain
Share:

0 komentar:

Posting Komentar