Senin, 12 Februari 2018

Mengamati Gaya Belajar Anak (day 8)


Hari ke 8 pengamatan gaya belajar Bilal. Panda dan Bilal sedang baca buku bareng. Mereka membaca buku pop up berbahasa Inggris yang kami beli di event BBW Surabaya beberapa bulan lalu.

Sudah berapa lama Bilal menunjukkan ketertarikannya berbahasa Inggris. Awalnya kami memang sepakat untuk menggunakan bahasa Indonesia saja sampai kemampuan berbahasanya baik. Ukurannya, bisa mengeluarkan opini dan bercerita dengan baik dan jelas.

Suatu kali Bilal tiba-tiba bisa menyebut angka satu sampai dengan sepuluh dengan berbahasa inggris. Itu mungkin biasa saja bagi anak lain, tapi bikin saya terkejut karena tanpa pernah kami ajari. Dari tontonan? Nda juga..karena video yang kami sering putar juga hanya video berbahasa Indonesia.

Mungkin karena sering mendengar ketika baca buku bersama,dan kebetulan tetangga pas depan rumah anaknya berbahasa inggris dalam keseharian, jadi seringkali dia juga ikut ngomong seperti berbahasa inggris sendiri (padahal entah apa yang dia sebut, hehe).

Ketika membaca buku bersama panda kemarin itu, Bilal mengikuti setiap bacaan yang panda sebut. Dengan menggunakan modalitas auditory, penyebutannya bahasa inggrisnya juga bagus.
Sampai hari ke-8 ini, dari pengamatanku, Bilal cukup menonjol dalam auditory

Share:

0 komentar:

Posting Komentar