Rabu, 07 Februari 2018

Mengamati Gaya Belajar Anak (day 3)



Ada beberapa ciri tipe auditory yang sering ditampilkan Bilal ketika berinteraksi dengan kami. Salah satunya ialah pembicara yang fasih.

Bilal alhamdulillah masya Allah sudah lancar berbicara sejak usia 18bulan.
Caranya berbicara juga mengikuti nada yang sering dia dengar, terutama dari bahasa ibunya. 
Maka sebagai orangtuanya kami harus selalu menjaga lisan karena tiap saat anak dalam mode meniru, termasuk apa yang dia dengar.

Bentuk Ikhtiar kami agar telinganya terbiasa mendengar asma Allah adalah dengan membiasakan mengucapkan lafadz dzikrullah dimana saja dan situasi apa saja, dan mengajak membaca doa sehari-hari. 

Tidak pernah kami menuntut dia harus menghapal doa dan bacaan-bacaan tersebut. Tapi alhamdulillah ada saja yang tertanam.

Kemarin (Selasa, 6/2/2018) ketika naik mobil dalam perjalanan tiba-tiba Bilal menghapal doa bangun tidur 😅.
Kalo mau di-pas-pasin sih...memang waktu itu baru beberapa menit setelah dia bangun (sempat ketiduran di mobil setelah lelah melompat-lompat)😅.

Ciri lain yang sering ditunjukkan Bilal ketika berbicara, matanya selalu melirik ke kiri-ke kanan.

Ketika sedang berbicara kemudian ada suara lain yang menginterupsi, biasanya langsung buyar dan lupa atau bingung mau ngomong apa, hehe..

Saya lebih senang mengobservasi kejadian-kejadian unik alami yang Bilal tunjukkan seperti ini ketika merespon sesuatu atau stimulus yang diberikan.
Saya siap mencatat tiap temuan yang ada!!
Sekian dulu lah hasil pengamatan hari ketiga 😬😬😬
Share:

0 komentar:

Posting Komentar