Kamis, 16 November 2017

Komunikasi produktif [Hari 15] : Tiada Teriakan di Antara Kita


Alhamdulillah sudah masuk hari ke-15 latihan komunikasi produktif. Kami masih terus mencoba menggunakan beberapa alternatif kalimat agar pesan bisa diterima dengan baik.
Kadang, ketika anak butuh sesuatu dan kita sibuk juga melakukan sesuatu, kemudian disusul teriakan atau pertanyaan macam-macam ada rasa kesal.
Tadi siang, Bilal sibuk mencari bukunya, dan saya sibuk di dapur.

"Bunda..mana buku binatang Bilal?"
"Coba cari di kamar", jawabku dari dapur.
"Mana bunda? Aku tidak lihat"
"Di bawah bantal mungkin"
Akhir nya saling membalas dengan teriakan, dan malah instruksinya tidak sampai 😥.

Oiya, kenapa tidak mendekat dulu kemudian memberikan pesan?
Saya kemudian mendekat ke Bilal dan menyejajarkan diri.
"Tadi Bilal main di kamar. Coba cari di bawah bantal yaa, diangkat bantalnya"
"Iyaa.."

Dengan menghentikan kegiatan sejenak lalu mendekat, tidak perlu teriak-teriak,hehe..
"Bunda senang Bilal bisa cari sendiri", saya menambahkan dengan senyum ketika Bilal berhasil menemukan bukunya.

* * *
"Bilal mau coklat bunda"
"Boleh..sebentar ya"
"Bilal mau! Bilal mau! Bilal mau!"
"Boleh suaranya pelan saja? ya..Bunda suka kalau Bilal mintanya pelan-pelan"

Tadi siang ketika Bilal minta susu kedele seperti itu,suara keras dan seperti diburu-buru, kubalas dengan kata "sabar,sabar,sabar" dengan nada kesal.
Malam ini saya mencoba memperbaiki kalimatku agar lebih produktif.

"Bilal mau dong..Bilal mau coklat", pinta Bilal dengan suara lebih pelan.
"Tunggu sebentar ya. Bunda berterima kasih kalo Bilal mau tunggu sebentar"
(Dengan intonasi suara lembut dan tersenyum)

Tidak berapa lama, kuberikan cokelat permintaannya lalu kuingatkan agar sikat gigi sesudah makan. Eh Bilal malah minta maaf entah kenapa 😅.
"aku minta maaf,bunda. Aku benar-benar minta maaf",Kata Bilal
"Loh..Bilal kenapa minta maaf?"
"Aku salah.."

Saya duduk lagi menyejajarkan diri dengan Bilal. Tubuh kucondongkan ke arahnya dan berbicara dengan lembut.
"Bilal tidak salah, bunda mau gigi Bilal sehat. Bunda senang kalau Bilal rajin sikat gigi. Bilal mau sikat gigi abis makan cokelat?"
"Mau"

Yang kami pelajari hari ini
  • Menghentikan sejenak aktifitas dan berkomunikasi dengan kaidah "Keep Information Short and Simple"
  • Mengendalikan intonasi, bahasa tubuh yang sesuai, menggunakan suara dan wajah yang ramah
  • Mengatakan apa yang diinginkan, bukan yang tidak diinginkan
  • Belajar menggunakan ungkapan-ungkapan yang memotivasi untuk mendorong tingkah laku yang baik.

#Hari15
#Gamelevel1
#Tantangan10hari
#Komunikasiproduktif
#KuliahBunsayip

Share:

0 komentar:

Posting Komentar