Sabtu, 09 Desember 2017

Melatih Kemandirian (Hari 10)

Sudah hari 10 latihan kemandirian.
Alhamdulillah..target kami dalam toilet training yaitu "bisa menyatakan keinginan buang air" sudah bisa dibilang berhasil. 

Mengingat awal-awal latihan yang bisa sampai 10x ngepel dalam sehari, kemudian perlahan berkurang setelah rajin ditatur, lalu sekarang Bilal bisa bilang sendiri ketika mau pipis jadi tidak lagi tiap jam harus saya tatur. 
Seharian ini bahkan tidak saya tatur lagi. Saya sebenarnya juga mau mengetes, Bilal bilang nda yaa kalo mau pipis? Dan ternyata bisa buka celana sendiri juga lalu ke kamar mandi sendiri ,MasyaAllah...

Tadi sore ketika keluar bermain, Bilal juga sudah bisa pulang ke rumah dulu karena mau pipis. Setelah itu melanjutkan lagi mainnya. Senang..😍 berarti pesan komunikasi produktifnya sampai, alhamdulillah..

Latihan kemandirian hari ini selain toilet training hari ini makan es buah sendiri dan membuat minuman sendiri.  
Bilal membantu membuat minuman untuk tamu dengan memasukkan 3 es batu di tiap-tiap gelasnya. Khusus gelas Bilal, saya biarkan dia menuang air dan mengaduk sirupnya sendiri. Karena sudah sering main transfering jadi sudah mengerti harus diapakan, tumpah sedikit karena buru-buru.

Selama 10 hari tantangan, untuk toilet training Bilal ada 1 hari yang mendapat 3 ⭐, artinya seharian dia tidak mengompol. Itu ketika rajin-rajinnya ditatur dan dibantu panda. Makasih panda..
Lebih banyak Bilal mendapatkan 2⭐ karena di malam hari masih mengompol, meski sebelum tidur ditatur dulu. Mungkin tergantung kesiapan tubuhnya mengontrol kandung kemih yaa..

Sebenarnya, memberi reward hadiah tidak pernah saya janjikan ketika memulai tantangan ini. Hanya agar lebih menyenangkan kubuatkan lah papan reward.
Bilal senang ketika mendapat ⭐ dan menempelkannya sendiri, sekalian melatih motorik halusnya bermain tempel-menempel, hehe..


Besok kami berencana menukar ⭐ yang sudah Bilal dapat, Bilal bisa membeli susu sesuai banyaknya ⭐. Hadiah buat Bilal karena sudah berusaha belajar 💝💝💝
Share:

0 komentar:

Posting Komentar