Minggu, 10 Desember 2017

Melatih Kemandirian (Hari 11)

Semalam Bilal berhasil lagi tidak mengompol 😍. Seharian tidak bocor di celana dan bisa bilang ketika mau pipis. Sudah boleh kayaknya ya dikatakan lulus Toilet training?

Kemandirian berarti melakukan sesuatu dengan dorongan/inisiatif sendiri. Alhamdulillah seharian tidak saya tatur lagi. Bilal juga semakin jarang frekuensi buang airnya. Dari pagi sampai sore kalo tidak salah hanya 3x pipis dan sudah bisa ke kamar mandi sendiri.

Rencana menukar reward ⭐ tadi batal karena tiba-tiba hujan, InsyaAllah besok karena bunda sudah janji.

Selama latihan kemandirian ini memang fokusnya ke toilet training. Namun dalam keseharian juga sedang belajar mandi dan sikat gigi sendiri. Bilal beberapa hari ini saya biarkan menyabuni badannya sendiri, yg api untuk membilasnya masih saya bantu. Untuk sikat gigi sendiri, sudah rajin, alhamdulillah.. target selanjutnya sikat gigi malam tanpa perlu saya ingatkan 😊.

Tadi nemu postingan video Bilal ketika umur 16bulan sudah lancar makan sendiri, jadi kangen..hehe. Sebenarnya saya pribadi saat ini tidak merasa sulit ketika mengajak Bilal makan, karena makannya termasuk gampang.. saya terbiasa makan bersama sambil saya makan sambil menyuapi Bilal. Namun tadi ketika melihat video tersebut jadi kepikiran, sekarang kan sudah umur 2 tahun..akan lebih baik jika terbiasa kembali makan sendiri. Ketika kami orang tuanya makan, bisa sama-sama makan dengan tertib.

Eh, tadi makan malam Bilal minta dibikinkan nasi goreng. Sebenarnya bundanya lagi diet, tidak mau makan malam..hihi..tapi Bilal mengambil 2 sendok dan mengajak saya makan bareng sepiring berdua 😁.
Yasudah lah..mumpung anaknya mau makan sendiri tanpa disuap. Mungkin Bilal lebih senang juga kalo makannya bareng
Share:

0 komentar:

Posting Komentar