Senin, 11 Desember 2017

Melatih Kemandirian (Hari 12)

Tadi pagi Bilal latihan mandi sendiri. Kelihatan masih agak sulit mengguyur badannya sendiri, lebih banyak yang terguyur cuma tubuh bagian bawah,hehe..
Setelah itu lalu membuka pasta gigi sendiri dan mengoles pasta giginya ke sikat gigi. Kelihatan sederhana, tapi memutar tutup pasta gigi yang kecil dan memencet pasta gigi juga memerlukan keterampilan motorik halus.

Sehabis mandi, saya beri handuk dan membiarkan Bilal belajar mengeringkan badannya. Bilal juga memilih baju yang mau dia kenakan. Hari ini sudah janji kami mau pergi ke supermarket membeli stok susu UHT kesukaannya.

Setelah belanja di supermarket, karena disana ada arena bermain anak, Bilal minta main dulu.
Senang sekali dia manjat-manjat dan main perosotan. Sebelum manjat berdoa dulu 😁 "bismillahirrahmanirrahim" lalu meluncur ke perosotan.

Ketika manjatnya terlalu tinggi, Bilal agak takut menurunkan kakinya, sambil minta tolong dia berdoa lagi "ya Allah..selamatkan Bilal. Super Bunda, tolong aku". MaasyaaAllah.. membiasakan berdoa sebelum melakukan sesuatu juga termasuk kemandirian kan? Hehehe..

Setelah puas bermain, istirahat dulu minum susu di luar arena bermain. Ada tersedia tempat duduk dan meja disana. Bilal juga belajar buang sampah susunya pada tempatnya, tadi yang saya minta siih..kadang bisa sendiri, kadang masih lupa. Semoga dengan latihan terus, membentuk kebiasaan baik.

Bilal lanjut bermain lagi. Lompat-lompatan..kejar-kejaran sama teman. Beberapa kali juga bolak-balik minta minum.
Tiba-tiba dia mengeluh lehernya nda enak. Saya dudukkan di pangkuan menghadap ke saya sambil mengelus dadanya. Lalu..Bilal muntah banyak sekali 😧

Saya minta maaf ke mbak yang jaga arena bermain. Segera saya beli tisu basah dan kering. Mbaknya baik banget..nda mau saya bantu mengepel. Saya hanya membersihkan badan Bilal, baju dan jilbabku yang lebih muntahan. Kemudian minta maaf lagi sama si mbak dan segera pulang.

Sampai di rumah, ternyata kunci rumah nda ada 😨. Sepertinya tadi terjatuh di arena bermain. Tadi waktu mengeluarkan hp dari dompet memang seperti ada yang jatuh tapi saya nda ngeh..eh ternyata kunci rumah,huhu..
Saya minta tolong pak Satpam temani Bilal dulu sebentar agar bisa buru-buru kembali ke Supermarket. Saya yakin jatuhnya disana, di tempat Bilal main bola.

Fyi saya harus gowes sepeda lagi di siang bolong dengan baju penuh muntahan karena emang nda bisa bawa motor..wkwk..ditawari sama Pak Satpamnya buat minjem motor beliau juga percuma 😅.
Begitu tiba disana, langsung deh saya mencari di lautan bola ini..
alhamdulillah ketemu 😆. Setelah ini jadi tambah kepikiran betapa emang saya harus melawan rasa takut belajar berkendara 😟.

Sudah sampai lagi di rumah, kulihat Bilal sedang ikut sholat dzuhur sama pak Satpam di mushola. Masya Allah..anak baik mau ditinggal. Makasih juga sama pak Satpam komplek yang baik sama anak-anak 🙏🙏.

Saya ajak Bilal masuk dan mandi lagi, hehehe. Sudah mandi sudah wangi lagi, sudah anti baju juga.
Bilal lalu bilang "bundaa..Bilal mau pu*".
Waah..😍 ini kali pertama looh dia bilang kalo mau pu*, biasanya langsung sembunyi.

Buru-buru saya temani ke kamar mandi. Bilal lebih memilih pu* di pottynya daripada di toilet, yasudah lah..yang penting mau belajar dulu.
Maunya juga pu* tanpa ditemani. Pintu kamar mandi dia tutup,
"Aku mau pu* dulu yaa..Bunda di luar dulu yaa",katanya lalu mulai berkonsentrasi di dalam, hihihi..😅


Share:

0 komentar:

Posting Komentar