Selasa, 05 Desember 2017

Melatih Kemandirian : Toilet Training (Hari 6)

Hari ini Bilal minumnya banyak, tadi pagi sampe sore saya hitung pipis sampe 6 kali.
Alhamdulillah.. sudah bisa menyatakan keinginan buang airnya. Dengan lantang, sekarang tiap mau pipis bilang "bundaa..aku mau pipis" dan saya sekalipun sedang melakukan hal lain harus buru-buru mengantarnya ke kamar mandi 😁. Sekali dia kelepasan pipis di celana waktu asyik bermain, keluar sedikit pipisnya..kemudian saya ajak lagi ke kamar mandi.

Tadi siang, begitu kulihat ada gelagat mencurigakan seperti mau BAB, langsung saya ajak ke kamar mandi. Seperti biasa..Bilal selalu berdiri sembunyi, menjauh dan biasanya ke  belakang (tempat jemuran) lalu menutup pintunya. Sepertinya agak susah dikeluarkan, saya bujuk agar mau BAB di potty, lebih mudah daripada berdiri seperi itu. Karena kesal tidak mau nurut, saya abaikan saja lalu ke kamar. Kemudian Bilal memanggil "Bunda..hitung satu sampe 10 yaa..aku pup di kamar mandi yaa"
Aaah..saya lupa, kalau strategi menghitung itu selalu manjur untuk membujuk, eh malah Bilal yang mengingatkan,hihihi.. 😁

Hari ini selain toilet training, Bilal juga melakukan beberapa kemandirian. Tadi pagi, belajar memasang baterai di sound booknya menggunakan obeng. Wiih..kedengaran canggih ya? Hahaha..sudah beberapa hari ini Bilal terus menagih dibelikan baterai karena soundbooknya kesukaannya sudah nda bunyi lagi. Begitu panda belikan baterai antusias sekali mau memasang. Sekalian saja diberi kesempatan untuk belajar memasang baterai dan memutar sekrup kan? 😁



Tadi sore juga tanpa saya minta..masyaAllah Bilal membereskan semua mainannya, sambil nyanyi lagu "beres-beres". Crayon, buku gambar,mainan balok, dan figurine sudah masuk kotak dan disusun di rak, saya ikut membantu merapikan puzzle dan menaruh buku-bukunya.

Setelah beres-beres mainan, Bilal mengajak saya makan kerupuk sambil minum teh,hehe..
Eh, nda berapa lama berbaring..terus bilang mau tidur, padahal sudah sore. Seharian memang Bilal main dan tidak tidur Siang, pasti kelelahan

Tadi abis shalat magrib, Bilal terbangun, lalu saya tatur lagi ke kamar mandi. Setelah itu dia langsung melanjutkan tidurnya, kasian..padahal belum makan malam 🙁.

Sudah hampir seminggu latihan kemandirian, semakin hari Bilal menunjukkan progres yang baik, meskipun tidak selalu berhasil seharian nda ngompol, tapi target agar dia mau mengatakan keinginan buang airnya saya rasa sudah bisa dibilang 90% 😊 alhamdulillah..
Share:

0 komentar:

Posting Komentar