Kamis, 21 Desember 2017

Aliran Rasa Melatih Kemandirian Anak (Bunsay Level 2)

Alhamdulillah.. level 2 melatih kemandirian bisa kami praktekkan dengan cukup baik. Selama pengamatan saya melihat bahwa kesiapan anak untuk toilet training tidak hanya siap fisik, tapi juga emosional.

Di awal latihan, untuk kesiapan fisik Bilal sudah 2 tahun lebih. Sudah bisa memperlihatkan ekspresi saat ingin BAB, untuk BAK saya belum bisa mengenali. Pola BAK masih 1-2jam sekali, termasuk sering ya? karena anaknya termasuk yang banyak minum dan aktif.

Saya memulai dengan mengamati pola waktu kapan BAB/BAK, kemudian men'tatur' ke kamar mandi, mengomunikasikan bagaimana seharusnya buang air dan pemakaian toilet.
Disini kami banyak melakukan praktek komunikasi produktif sampai akhirnya Bilal saya anggap lulus begitu memasuki 10 hari tantangan kemudian diteruskan hingga sekarang insya Allah..makin hari ada saja peningkatan.

Ketika sudah siap fisik, emosional dan sudah mau atau sadar atas keinginan sendiri mengurus kebutuhannya, berarti sudah bisa dikatakan mandiri 😊.

Kami juga masih belajar adab ke kamar mandi, cara berinstinja' yang benar dan beberapa kemandirian lain untuk anak 2-3 tahun. Bismillah..semoga bisa lancar.

Latihan kemandirian ini tidak hanya melatih kemandirian Bilal, tapi juga saya,hehe...
Kemandirian untuk melawan rasa malas dengan konsisten dan sungguh-sungguh.
Tentu dalam prosesnya ada rasa lelah dan jenuh, namun yakin insya Allah terbayar dengan hasil yang baik.

Alhamdulillah kali ini saya bisa konsisten menuliskan hasil pengamatan kemandirian anak tanpa rapel atau loncat hari.
Saya merasa mantap untuk terus belajar dan membantu anak menyelesaikan kebutuhannya sendiri.
Terimakasih IIP 😊

Share:

0 komentar:

Posting Komentar