Selasa, 12 Desember 2017

Melatih Kemandirian Menumbuhkan Rasa Percaya Diri (Hari 13)

Anak-anak suka meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Mereka itu senang jika diberi kesempatan melakukan apa yang kita lakukan. Bisa dimulai dari yang sederhana, dan tidak berbahaya. Dengan memberi kesempatan, bisa menimbulkan rasa dihargai dan percaya diri anak.

Tadi pagi ketika sibuk menjemur baju, saya minta tolong Bilal mematikan kompor. Tugas itu memang sudah sering saya kasi buat dia, karena suka penasaran sama kompor kalo bundanya sedang masak, hehe..

Tadi sebenarnya juga saya tanya "Bilal mau bantu bunda menjemur?" tapi dijawab tidak mau 😅. "Kenapa?",tanyaku heran karena biasanya mau.
"Karena bajunya ada muntahnya", kata Bilal.
Oalah..dia lihat baju kemarin yang kena muntahannya sedang dijemur. Coba kujelaskan kalo bajunya itu  sudah bersih karena sudah dicuci, tapi tetap tidak mau..😅

Sore ini waktu mau keluar bermain sebentar saja katanya, Bilal saya minta sekalian membawakan teman-temannya kue.
Bilal pamit "makasih banyak bunda, aku pergi dulu, assalamu'alaikum"

Ternyata tidak ada yang keluar bermain seperti biasanya. Kulihat Bilal menuju rumah tetangga . Bilal mulai mengetuk pintunya, tapi mungkin tidak kedengaran si empunya rumah..hihi, akhirnya balik lagi.

Dengan membawa kue di tangan Bilal mencari teman-temannya. Karena tidak ketemu, akhirnya pulang lagi sampai kemudian ada teman yang lewat.

"Ini buat teman"
"makasih Bilal"
"Sama-sama"

Selain melatih kemandirian,belajar berbagi juga ya sayang..😘😊

Share:

0 komentar:

Posting Komentar