Jumat, 01 Desember 2017

Melatih Kemandirian :Toilet Training (Hari 2)

Jurnal melatih kemandirian anak

  • Nama anak: Bijak Laksana Muhammad (Bilal)
  • Target kemandirian 1 minggu: Menyatakan keinginan untuk BAB/BAK

Semalam saya sebenarnya berniat untuk bangun jam 01.00 untuk menatur Bilal lagi, tapi ternyata saya terlalu lelap 😅. 

Jam 03.00 kemudian Bilal terbangun, dia bilang "mau pipis". Saya lihat celananya sudah basah, tapi alhamdulillah.. dia mau bilang padahal lagi nyenyak-nyanyaknya, mungkin dia tidak sadar keburu bocor 😅. Saya bawa ke kamar mandi dan pipis lagi sedikit. Setelah itu melanjutkan tidurnya lagi sampai pagi jam setengah 7.

Jam 09.00 saya tatur lagi ke kamar mandi. Sampe siang jam 12.00  berhasil tidak pipis di celana jadi dapat 1 ⭐, antusias dia tempel sambil nyanyi2, hehe..

Tadi siang dia mau pup di pottynya, meskipun harus saya bujuk-bujuk dulu. Karena sepertinya nda nyaman saya lihatin, jadi saya tunggu di luar kamar mandi. Bilal duduk sendiri di potty, bahkan menutup kamar mandinya dulu, setelah selesai baru minta saya bersihkan 😅.

Alhamdulilah.. hari ini ada 2x dia bilang "mau pipis" lalu saya antar ke kamar mandi. Saya peluk dan memberi kata motivasi "Bunda senang Bilal bilang mau pipis, Bilal belajar yaa 😊"
"Sayaaang bunda", katanya
"Bilal sayang bunda kenapa?"
"Karena aku senang"
"Senang kenapa? Bilal senang bisa belajar pipis?"

"Iyaa" 😊

Tadi sore ada 2x bocor juga sih di lantai. Kasihan, mukanya merasa bersalah sambil minta maaf "minta maaf bunda, aku tidak sengaja". Saya membersihkan pipisnya, kuusap-usap punggungnya agar tidak sedih..nda papa..kan masih belajar.

Hari ini tidak tidur siang lagi, seharian main. Lagi senang-senangnya menggambar dan mewarnai. 
Karena kecapekan ,Bilal tidur malamnya jam 19.00. Baru setengah jam tidur lalu terbangun lagi. Kulihat dia  sedang berdiri menangis, sementara matanya masih tertutup. Sepertinya gelisah, mungkin mau pipis lagi pikirku. 
Segera kugendong menuju ke kamar mandi. Begitu ku gendong sudah menetes pipisnya, tetap lanjut kubawa ke kamar mandi. Setelah pipis, melanjutkan lagi tidurnya..

Bilal sayangku..terima kasih sudah berusaha belajar sama-sama bunda. Semangat 💪
Share:

0 komentar:

Posting Komentar