Jumat, 08 Desember 2017

Melatih Kemandirian (Hari 9)

Mulai membiasakan lagi Bilal untuk makan sendiri. Tadi pagi lumayan lancar..Bilal makannya lahap. Karena menunya ayam goreng, jadi masih perlu saya suir-suir agar lebih mudah dia kunyah. 

Di tengah-tengah makan, dia bilang bilang "mau pipis", buru-buru saya antar ke kamar mandi. Tidak harus diantar sebenarnya, karena Bilal sudah bisa ke kamar mandi sendiri. Tapi untuk membasuh pipisnya, belum saya biarkan sendiri, khawatir belum bersih dan pesing.

Alhamdulillah.. seharian tidak pipis di celana. Setiap mau pipis sudah bisa bilang, jadi tidak perlu rajin tiap sejam saya tatur lagi. Saya tatur hanya ketika mau tidur, mau keluar bermain dan tadi waktu mau ke mushola.

Tadi sore teman-temannya datang bermain ke rumah. Saya perhatikan untuk belajar berbagi, Bilal mau berbagi mainan, tapi tidak kepada semua temannya. Hanya kepada yang paling akrab. Karena teman-temannya juga sudah lebih besar, (sudah TK dan SD) mereka memilih bermain mainan yang lain.
Biasanya ketika ribut sedikit pun saya biarkan mereka menyelesaikan sendiri dahulu, tidak serta merta saya paksakan Bilal mau berbagi jika saat itu dia belum mau.
Pelan-pelan..Insyaallah diberi pengertian dan membaca kisah yang berisi pesan tentang berbagi 😊.

Tadi Bilal minta beli minuman ya**lt. Biasanya sore hari penjualnya memang lewat. Bilal saya beri uang pas sesuai harganya dan membiarkan dia keluar membeli sendiri.
"Taraaa..aku sudah beli ya**lt", katanya pulang-pulang membawa minuman yang dia mau. Dengan senang,teman diberi juga. Saya beri pujian karena berani beli sendiri dan mau berbagi.

"aku mau wudhu, bunda. mau sholat di mushola sama teman", katanya ketika masuk waktu magrib.
Bilal mulai kumur-kumur, membasuh lengan, kepalanya dan kakinya.
Untuk berwudhu, sebelumnya sudah pernah kami belajar anggota tubuh yang terkena air wudhu. 
Bilal juga selalu mau ikut wudhu dan sholat bersama. Meski tidak semua tahap dilakukan, dan kadang kebalik urutannya tapi alhamdulillah..dengan senang hati Bilal mau ikut melakukan apa yang dia lihat ketika kami sholat dan mengaji.


Tadi ke mushola bareng teman-temannya, lalu saya susul sholat berjamaah disana. Alhamdulillah..beberapa latihan kemandirian sudah bisa, insya Allah.. dibiasakan terus. Semangat 💪💪
Share:

0 komentar:

Posting Komentar