Minggu, 05 April 2020

Komunikasi Produktif (tangangan hari 13/30)

Saya pernah menonton video youtube dr. Aisyah Dahlan tentang teknik dan bahasa menyuruh anak.

Saya praktekkan sudah beberapa hari sih sebenarnya..tapi menurutku hari ini sangat berhasil.

Secara keseluruhan, hari ini setiap apa yang saya minta, alhamdulillah kakak Bilal mau melakukannya dengan segera tanpa banyak tapi dan drama.
Sebelumnya kami sudah membuat kesapakatan juga.

Mungkin mereka tidak memahami perkataan kita, tetapi mereka tidak pernah salah meng copy

Itu yang berusaha saya lakukan.
Berusaha memperbaiki kata-kata dan intonasi ketika berbicara dengan anak.

Tadi misalnya, saya meminta untuk berhenti bermainkarena waktunya shalat magrib. Kakak Bilal menurut.
Saya meminta dengan bahasa dan intonasi yang lembut tapi tegas, juga langsung memberi contoh di depan anak.
Jadi menyuruhnya tidak sambil masih melakukan hal lain.

Sangat bertentangan kan dengan apa yang anak lihat, kalau kita menyuruh anak berhenti berkegiatan di waktu magrib sementara misalnya kita masih sibuk di dapur atau hal lain?
Hehehe..
Jadi latihan hari ini bolehlah dapat badge





Share:

0 komentar:

Posting Komentar