Selasa, 07 April 2020

Komunikasi Produktif (Tantangan hari 14/30)

Hari ke-14 tantangan, hari Minggu eyang datang menginap sehari. Alhamdulillah Bilal yang rindu sangat senang dikunjungi.
Tapi saya melihat ada sedikit kecemburuan ketika Bilal bertanya"
Eyang kenapa kangen sama adek Amanah?"
"Eyang kangen skarena sudah lama tidak ketemu, eyang kangen juga sama kakak Bilal dong..", jawab eyang.

Hari ini dalam sehari  ada 3x kakak Bilal mengambek. Alasannya beragam. Ada yang karena diminta mengalah sama adik, ada yang karena mau minum susu sebelum makan, ada yang karena mau minjam hp eyang buat main game.

Sebenarnya saya tahu, Bilal ini agak manja karena kebetulan ada eyang dan tantenya di rumah.
Bilal berusaha berkompromi agar permintaannya dikabulkan, padahal tidak sesuai dengan kesepakatan.
Saya juga paham ketika diminta mengalah sama adik, oleh eyangnya, dia sebal dan memilih masuk kamar.
Alhamdulillah mengambeknya tidak lama.

Setelahnya coba saya dekati, menggunakan kalimat empati.
Saya juga minta maaf karena tadi ikut meminta kakak mengalah sama adik.
Setelah Bilal memaafkan, saya puji kebaikan-kebaikan yang Bilal lakukan hari ini dan betapa kakak Bilal sebenarnya sayang kan sama adik.
Barulah setelahnya saya masukkan permintaan untuk saling menjaga dengan adik.

Alhamdulillah hari ini badgenya:

Share:

0 komentar:

Posting Komentar