Kamis, 09 April 2020

Komunikasi Produktif (Tantangan Hari 17/30)

Hari ini Bilal merajuk, meminta nonton TV. Padahal sesuai kesepakan,  menonton hanya diperbolehkan di hari Sabtu-Minggu itupun dengan batasan-batasan waktu.

Sebenarnya awal mulanya itu karena pagi tadi dia melihat Pandanya menonton youtube.
Dijadikanlah alasan bahwa "Bilal kalo lihat orang nonton jadinya juga mauuuuu..."

Karena tidak saya izinkan, dia mengambek dan memilih masuk kamar sebelah.
Dari dalam kamar Bilal mencoba bernegosiasi
👦"Bunda, kalo Bunda nda biarkan Bilal menonton, Bilal di sini terus, di kamar aja..nda mau temani Bunda main", ancamnya.
🧕"Bunda bolehkan kok Bilal nonton, tapi bukan hari ini, nanti hari Sabtu"
👦"Maksud Bilal, maunya hari ini. Kalo tidak Bilal nda keluar-keluar"
🧕"Yasudah..karena kesepakatannya nonton hari Sabtu-Minggu jadi bunda tetap tidak izinkan"
👦"Bunda, Bunda sayang sama Bilal ga?"
🧕"Sayanglah..makanya Bunda nda mau Bilal banyak menonton"
👦"Tapi hari ini saja Bunda, tidak tiap hari. Kalo Bunda sayang, Bunda turuti keinginan Bilal"
🧕"Lohh..maaf ya, tidak bisa. Tapi Bunda sayang Bilal"

Setelah itu saya tidak hiraukan lagi, karena sibuk menyusui Amanah.
Bilal memanggil-manggil sambil tetap membujuk, dan saya diam aja, haha..

Lama-lama kok kasian lihat Bilal seperti tidak ada yang hiraukan 😅.
Akhirnya saya bersuara "Bilal ayo sini nak, baca buku lagi yuk"
"Bilal tidak mau. Kalo bunda tidak mau menuruti keinginan Bilal, Bilal juga tidak turuti keinginan Bunda", jawabnya.
Wkwk..makin semangat dia bernegosiasi.

Saya diam aja..tik tok tik tok..
Saya tetap diam meskipun Bilal tetap kekeuh mau nonton dan terus ngomong dari balik pintu.

Saya akhirnya luluh.
Bukaan..bukan karena dia mengancam atau apa.
Tapi saya kasihan mendiami dia. Padahal tadi saya diam karena bingung juga respon apa yang harus saya ambil 😅.

Saya perbolehkan Bilal menonton hanya setengah jam. Senang sekali dia, dan berterima kasih saya beri izin.
Begitu waktunya selesai, dengan senang hati juga dia mematikan TVnya.

Bingung juga sih ini harus dapat badge apa ya?
Di satu sisi saya sudah memperbolehkan apa yang seharusnya tidak boleh sesuai kesepakatan, tapi di sisi lain saya bisa membuat kesepakatan lagi dengan Bilal soal bonus waktu nonton hari ini.
Dan responnya juga baik.

Saya beri badge satisfactory aja deh 😁

Share:

0 komentar:

Posting Komentar