Sabtu, 04 April 2020

Komunikasi Produktif (Tantangan hari 12/30)

Hari ke 12 tantangan. Kali ini saya latihan komunikasi produktif pada pasangan.

Sayangnya, memulai hari sudah kurang produktif komunikasinya 😅.

Tadi pagi ketika mengobrol dengan Panda, saya membahas ketidaksukaanku pada kebiasaannya begadang.
Salahnya, saya langsung melabeli demgan kata "selalu".
Selalu itu bisa diartikan setiap saat atau setiap hari. Padahal sebenarnya tidak setiap hari Panda melakukan itu. Dan ketika daya judge seperti itu, ada penolakan dari Panda.

Saya menyadari kesalahan itu ketika tadi kami sama-sama melihat video Youtube mba Okina Fitriani.
Di videonya dijelaskan salah satu cara berkomunikasi yang baik itu harus pakai data yang jelas dan bahasa yang santun.

Mungkin akan lebih baik jika tadi saya hanya mengungkapkan ketidaksukaan saya karena semalam saya lihat Panda tidur larut, dan itu tidak baik. Bukan dengan mengatakan "kok Panda selalu begadang"

Saya juga masih harus belajar banyak mengapresiasi pasangan untuk setiap perbuatan baik yang beliau lakukan. Jangan sampai hanya karena sudah terbiasa, menjadikan kita tidak menghargai lagi, karena dianggap sudah jadi kewajiban suami melakukan itu.

Alhamdulillah karena sama-sama belajar dari video tadi, kami mengisi hari dengan langsung praktek ☺. Berbicara dengan santun dan saling mengapresiasi.

Untuk latihan hari ini saya beri badge


Share:

0 komentar:

Posting Komentar