Minggu, 12 April 2020

Komunikasi Produktif (Tantangan hari 20/30)

Kemarin (Sabtu) dan hari ini adalah hari dimana saya memperbolehkan Bilal menonton tv.

Tetapi kami membuat kesepakatan kemarin, sehingga hari ini Bilal tidak mendapat jatah nonton.

Saya juga berjanji bahwa hari ini kita akan membuat cookies, dan Bilal yang akan mencetaknya sesuai keinginan Bilal.
Mendengar itu Bilal jadi senang dan semangat.
Tadi pagi bahkan ingin ikut membeli bahan-bahannya.

Hari ini alhamdulillah berjalan sesuai rencana.
Kami membuat cookies kacang dengan bentuk-bentuk hewan.




Panda juga membuatkan mac & cheese yang enak dan disukai anak-anak 😍.


Siangnya, karena mulai bosan mungkin, dan tidak ada rasa mengantuk, Bilal meminta ijin menonton selama setengah jam.

Saya ingatkan, kalau hari ini Bilal yang memilih untuk tidak menonton.
Bilal mengakui dan menunduk.
Saya ajaklah baca beberapa buku.
Lalu main bola,dan loncat-loncatan sampai bosan lagi 😅.

Sudah pukul 13.30, dia ingat kalau ada jadwal "Detective peet" kesukaannya.
Dan memohon lagi untuk saya ijinkan menonton sampai acaranya selesai.
Sebenarnya itupun acaranya sudah lewat beberapa menit.

Akhirnya..saya ijinkan 😆.
Dengan membuat kesepakatan baru khusus hari ini.
Sesuai janji Bilal tadi, nontonnya hanya sampai acaranya selesai. Setelah itu Bilal harus mau mematikan tvnya dengan sukarela tanpa Bunda yang ingatkan.

Kesepakatan pertama bahwa hari ini tidak menonton gagal.
Tapi kesepakatan berdua berhasil dengan damai, tanpa perintah apalagi paksaan.

Saya melihat hari ini kami sudah banyak bersenang-senang bersama.
Sore dan malamnya pun tidak ada yang sibuk sendiri.
Kami isi dengan read aloud dan main bareng.
Mmm...tidak apa-apa kan ya, sedikit mengubah kesepakatan?

Karena kesepakatannya ada yang gagal dan ada yang berhasil, latihan hari ini saya beri badge: satisfactory 😁


Share:

0 komentar:

Posting Komentar