Rabu, 08 April 2020

Komunikasi Produktif (Tantangan hari 16/30)

Hari ke 15 tantangan, sebenarnya seoanjang hari saya merasa sudah cukup baik menerapkan komunikasi produktif kepada anak.

Juga ketika tadi siang sebelum tidur, saya mengobrol dengan kakak Bilal. Memberi nasihat dengan diawali dengan refleksi pengalaman.

Saya bercerita bahwa dulu juga bunda tidak banyak bisa melakukan sesuatu, tapi terus berusaha, berdoa, alhamdulillah ternyata bisa.
Begitu juga dengan kakak Bilal. Bubda berharap Bilal jadi anak yang tidak mudah menyerah.

Saya tambahkan juga alasan mengapa harus menjadi anak yang mandiri, karena tidak selamanya bunda dan Panda terus menemani Bilal.

Membahas ini ada rasa haru. Alhamdulillah wa masyaAllah..kakak Bilal sudah tumbuh sebesar ini, sudah 5 tahun.
Tidak lama, bukan menjadi anak-anak lagi 💕.
Masih sangat banyak PR bunda untuk mendidik anak-anak.

Alhamdulillah..dari obrolan kami, kakak Bilal bisa memahami. Saya diberi pelukan di akhir obrolan 💕.

Namun, malam ini pecah juga. Intonasi naik karena anak-anak belum tidur padahal sudah lewat jam 9 malam.

Saya kesal, karena sebenarnya adik sudah mengantuk, tapi karena kakaknya belum tidur dan terus bersuara jadi adik terdistraksi terus dan akhirnya rewel.

Baru jam segini mereka akhirnya bisa tidur 😔.
Saya juga jadi menaikkan nada ke Panda karena kesal (bawaan mendengar Amanah rewel) 😭.
Masih PR banget untuk tidak menimpakan kekesalan pada orang lain, tapi fokus pada solusi 😞



Share:

0 komentar:

Posting Komentar