Rabu, 22 April 2020

Komunikasi Produktif (Tantangan Hari 30/30)

Alhamdulillah, hari ini saya banyak berhasil latihan komunikasi produktifnya.

Saya menggunakan beberapa trik komunikasi pada anak agar mau melakukan apa yang saya minta.
Seperti:
*bertanya daripada memerintah.
Contohnya:
"Bilal, ini legonya habis dimaini taro dimana ya?"
"Oh..iya..hehe..(lalu diberesin deh)

*Memberikan pilihan, yang sesuai tujuan, seperti:
Sekarang mau makannya pakai kering tempe dan ayam atau tempe kering sama sosis solo?
(Intinya saya mau Bilal makan sekarang)
Lalu Bilal memilih makan ayam dengan kering tempe. Dengan memilih sendiri, Bilal ikut terlibat membuat keputusan, sehingga mau melakukan, hehehe..


Ketika tadi mau belajar iqra, saya buat menyenangkan dengan memberi poin pada setiap baris yang Bilal selesaikan.
Dia senang tiap mendapat poin 😍 dan makin semangat bacanya.

Saya juga berusaha sabar ketika membenarkan bacaannya, tanpa diselipi kata dannada menyalahkan.
Alhamdulillah ketika Bilal ada keliru baca tadi,dia tidak ngambek dan malas melanjutkan ,malah makin bersemangat. Barakallahu fiik anak sholeh

Badge hari ini


Share:

0 komentar:

Posting Komentar